BREAKING NEWS
Search

Keinginan dan Kebutuhan Seorang Pejuang

Berpikir keinginan atau kebutuhan (Foto Dance Kayame/KM)


Oleh Dance Kayame

Opini, (KM)---Dalam opini ini di tulis khusus kepada seluruh pejuang mahasiswa/i yang sedang berjuang. Dalam opini ini berisis tentang keinginan dan kebutuhan seorang pejuang. Ingat penulis bukan mahir dalam ini tetapi apa yang penulis dapat ingin membagikan. Penulis yakin pembaca sudah tau, Apa itu kebutuhan dan keinginan namun tujuan utama dari penuilis untuk lebih meningatkannya lagi. Salam semangat membaca.

“Orang yang jenius  mengatur dan membedakan  keinginan dan kebutuhan Dia akan selamat.”

Kehidupan manusia selalu dapat hidup dengan baik untuk memenuhi dalam benak pikiran selalu berpikir bahwa keinginan dan kebutuhan untuk melengkapan dirinya yang kosong.

Kita sadari seringkali tidak membedakan mana kebutahan utama   dan mana keinginan.  Yang menjadi masalah terbesar dalam kalangan pejuang yaitu susah untuk membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Kadang dipandang sama oleh pejuang, sebenarnya Kebutuhan dan keinginan adalah dua kata yang berbeda dan mempunyai maksud dan tujuan yang tidak jauh berbeda. Kedua hal ini ada pada pejuang untuk bagaimana cara untuk mengatur agar dapat memenuhi.

1.    Apa kebutuhan dan apa keinginan?  

a.    Kebutuhan
Apa itu kebutuhan? Kebutuhan adalah sesuatu yang di tuntut untuk di lakukan oleh pejuang yang harus menjadi terpenting.

Kebutuhan seorang mahasiswa  yaitu kuliah, dalam proses menjalankan perkuliaan pasti ada kebutuhan - kebutuhan yang di tuntut dari kampus untuk menyelesaikan diantaranya: Membayar administrasi kampus atau SPP, membayar uang buku, menfoto copy, mengerjakan tugas dan sebagainya.

Kebutuhan bukan itu saja, tapi ada  perlengkapan perkulihaan, tas, buku, bolpoin,  leptop/nontbook, kendaraan berupa sepeda, motor atau mobil serta tempat tinggal, kos - kosan, asrama atau  kontrakan. Ini menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi mahasiswa.

Hal yang sangat membutuhkan oleh perjuang adalah: Bagaimana cara untuk mempersiapkan diri mencapai kebutuhan dengan cara bekerja keras, bejuang gigih, semangat tinggi dan ke ingin tauan membuat dirinya tercapai pada garis yang d inginkan. Itulah pejuang yang sesungguhnya. Terus bagaimana dengan keinginan. Lebih jelas mari membaca berikutnya.

b.   Keinginan 
Apa itu keinginan? Keinginan adalah sesuatu yang di keluarkan oleh pikiran atau perasaan  untuk mendapatkan sesuatu, entah itu hal yang baik atau hal yang buruk oleh pejuang (mahasiswa.) 

keinginan menjadi salah satu pengaruh dalam pemikiran pejuang,  yakni dalam diri pribadi. Bila tidak dapat memenuhi keinginan yang di inginkannya maka diri akan rasa berat untuk berbuat sesuatu, kemudian memikirkan apa yang di inginkan untuk bagaimana cara agar mendapatkannya.

Dalam proses berjuang keinginan selalu bersama, seperti ingin punya motor/mobil, rumah mewah, memiliki barang barang teknologi, ingin kesana dan kemari, memiliki pacar yang cantik. Maka itu keinginan manusia selalu bersama dalam  pertumbuhan pemikiran manusia itu sendiri.

c.    Bagaimana dengan kedua hal ini?

Kedua hal  ini menjadi hal terpenting bagi pejuang (mahasiswa) namun  perlu mahasiswa ketahui bawah, kedua hal ini bisa mempengarui kehidupan pejuang mahasiswa, dimana kebutuhan menuntut sedangkan keinginan menguasai pikiran untuk menginginkan sesuatu.

 Dalam masa – masa sulit seperti  kebutuhan dan keinginan menuntut pejuang harus bijak dalam mengambil keputusan yaitu pejuang harus mengutamakan mana yang harus di pilih, apakah kebutuhan atau kainginan karena kedua ini penting sekali buat  pejuang.

Perlu pejuang  ketahui bawah yang lebih terpenting diantara kebutuhan dan keinginan adalah kebutuhan, karena kebutuhan menjadi salah satu hal menjadi prioritas pejuang mahasiswa dari berbagai sisi, sedangkan keinginan hanya akan datang saat dimana mahasiswa itu di inginkan sesuatu itu.

Penulis mengharapkan bawah seorang pejuang (mahasiswa) harus mengutamakan kebutuhan kemudian keinginan, sebab kebutuhan itu bersifat lama sedangkan keinginan itu bersifat sementara. 

Realita misalkan, orang tua krim uang untuk membayar uang SPP, bila keinginan tinggi,  uang akan habis dan banyak masalah, namun kebutuhan di utamakan bebas dari masalah SPP.

d.   Akhir kata.
Pejuang (mahasiswa) harus berpikir positif dan global akan keinginan dan kebutuhan.

Utamakan kebutuhan dari pada keinginan karena kebutuhan membutuhkan waktu lama daripada keinginan yang sesaat.

Pejuang harus berpikir sistematis untuk membedakan mana kebutuhan mana keinginan sebab keduanya sama sama penting.

Orang yang pintar membedakan dan mengatur keinginan dan kebutuhan Dia  akan selamat (KM.)

Penulis adalah mahasiswa Papua kuliah di Jawa.

(Umagiyinagobai/KM)




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Keinginan dan Kebutuhan Seorang Pejuang