BREAKING NEWS
Search

Dimanakah Pembangunan Pemda Kab Paniai



Saya ingin Kab Panai harus seperti Kab lainnya. (Foto Fb profil, Oktovian Yogi/KM)

Oleh Oktovian Yogi


Opini, (KM)--Pemerintah daerah kabupaten Paniai terletak di pegunungn tengah Papua.  Suku orang Mee dan berbahasa daerah bahasa Mee. Orang-orang yang ada di sekitar takut akan nilai budaya dan religious. Mereka lebih percaya dan yakin bahwa Tuhan adalah segala galanya.

Semenjak awal dimekarkan kabupaten Paniai hingga sekarang belum ada perkembangan di sisi  tata kota pembangan SDM dan lainnya. Bukan berkembang tahun ke tahun meningkat, namun merusak semua lahan dan kota bahkan hilang nyawa manusia pada 8 Desember 2014.  Pemerintah daerah akan membiarkan saja tanpa ada satu suara. Dimana nilai kemanusiaan dan kepemimpinan.?

Pemerintah daerah jangan tidur, jangan juga seperti orang tak bersekolah. Kapan membangun daerah kalau bukan sekarang. Maka itu, pemerintah daerah kab Paniai perlu tinjauh segala aspek dan program kerja dalam organisasi ke pemerintahan.

Pemerintah daerah gunakan dana dana yang di krim dari pusat  untuk membangun daerah demi kepentingan bersama. Uang itu bukan milik pribadi milik umum sehingga di harapkan semaksimal mungkin untuk membangun daerah.

Bila anda pemimpin dan memang benar benar sekolah tunjukan ilmu kepada masyarakat melalui sosialisasi dan kerja bersama dalam usaha usaha  membangun sumber daya manusia di Meuwodide. Bila tidak ada sosialisai antara pemerintah dan masyarakat mana mungkin membangun sumber daya manusia ada.


Uang miliyaran yang masuk di kas pemerintah  soal dana APBD dan lainnya harus mengfungsikan dengan sebaik untuk membangun daerah bukan membangun diri menjadi poro.

Sekarang ini dunia membutuhkan pendidikan dan kesehatan. Pemerintah kab Paniai berapa orang yang telah siap krim untuk sekolah biaya sampai selesai. Kapan mempersiapkan generasi penerus kalau bukan sekarang.

Jangan mencari nilai uang dan jabatan semata yang hanya kesenangan sesaat. Jangan mencintai jabatan sebelum mencintai tanah air dan masyarakat pribumi. Dimana nilai kepedulian terhadap pembangun daerah yang tak maju dan berkembang.

Kabupatan Paniai itu kabupaten yang lama dan bisa di katakana sudah tua di banding kabupaten lain seperti Deiyai Dodiyai  Nabire Intan Jaya dan Kab lainnya, tetapi kab Paniai sampai sekarang tidak ada pembangunan yang optimal.

Kab Paniai seperti kab yang baru di mekarkan karena tidak membangun apa apa. Bisa di katakan pemimpin di dalam organisasi pemerintahan tidak jelas kinerja kerja dan kemimpinnya.

Maka itu pemerintah kab Paniai perlu berpikir jauh mengenai pembangunan daerah dari sisi budaya social agama kesehatan dan pendidikan.

Sampai sekarang ini kami Mepagoo merasa tidak bahagia akan hidup ini oleh proses memimpin dan kerja para pejabat yang  tidak jelas.

Sebagai anak pribumi ingin menyampaikan beberapa kata kepada pemerintah daerah  bawasannya:
a.   Membangun daerah dengan penuh hati
b.   Pentingkan orang lain
c.    Membuka pendidikan bagi generasi mudah Papua
d.   Membuka ruang bagi putra putri anak pribumi untuk sekolah
e.   Mendukung usaha usaha rakyat kecil didaerah.
f.     Dll.


Semoga di tahun yang baru ini, ada perubahan dalam pembangunan daerah Kab Paniai. Lebih senang lagi,  bila pemimpin terpilih  siap membangun daerah dan menerima suka duka masyarakat setempat (KM.)

Penulis adalah mahasiswa Papua kuliah di jayapura tanah Holandia.

(Umagiyinagobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Dimanakah Pembangunan Pemda Kab Paniai