BREAKING NEWS
Search

Demo Di Malang : AMP Teriak NKRI Berikan Kebebasan West Papua





Massa aksi dari Aliansi Mahasiswa Papua memegang poster dalam aksi demontrasi di Bundaran Tugu, Kota Malang, Jumat (7/4/2017) Foto : Martinus Pigome/KM 


Malang,Jawa Timur (KM) -- Aliansi Mahasiswa Malang Papua (AMP) Kota Malang dan Surabaya menggelar aksi di depan Balai Kota Malang, Jumat (7/4/2017).

Aksi ini merupakan aksi kali ini juga bertepatan dengan hari  ulang tahun  kontrak karya Freepot ditanda tangani oleh Presiden Soeharto.

Puluhan demonstran ini kembali menyuarakan sejumlah tuntutan tentang, menolak kesepakatan antara pemerintah indonesia dengan freeport dan berikan hak penetuan nasib sendiri bagi bangsa wet papua sebagai solusi demokratis.

Aadapula demonstran membawa kertas bertulisan tentang penutupan Freeport dan pengusiran perusahaan tambang emas itu dari bumi Papua dan memberikan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa west papua.

Koordinator aksi Jhons Raffael Giyai Kepada Wartawan menjelaskan,demo kali kami tuntut kepada pemerintah  indonesia Freeport tutup dan berikan referendum bagi bangsa west papua.
“Kami dibunuh oleh TNI-PORLI tidak secara manusiawi.Nah,sekarang solusinya adalah  Referendum bagi bangsa west papua,” Ujarnya.

Menurutnya,pembanguan yang dijalankan di papua dibawah tekanan militer sehingga banyak masyarakat korban diatas hanya mau menikmati kekayaan alam papua.

 nis subur bagi meliter.ia mencotohkan pembangunan jalan di papua yang di kerjakan militer sehingga seketika masyrakat minta rugi berhadapkan meliter,” Kata Jhons Raffael Giyai.

Sementara itu, Musa Pekey dalam orasinya menjelaskan pembutan karya kontrak Freeport pada tanggal 7 April 1967 adalah  illegal.pemerintah indonesia dengan amerika buat karya kontrak kerja tidak pernah libatkan masyaraka setempat.

“Mau menikmati hasil kekayaan alam papua. sekarang juga kata dia, semua pembangunan di papua dijalankan dengan kekuatan militer ” Ungkapnya.

Dalam pantauan media ini,massa juga teriak kami tidak butuh pembangunan.kami minta penentuan nasib sendiri.

Pernyataan aksi AMP Malang dan Surabaya sebagai berikut :

1.Usir dan tutup freeport

2.Audit kekayaan dan kembalikan freepot dan serta berikan pesangon untuk buruh.

3.Audit cadangan tambang dan kerusakan lingkungan.

4.Tarik TNI-PORLI organik dan non organik dari tanah papua.

5. Berikan hak penetuan nasib sendiri solusi demokratis bagi bangsa west papua.

6.Usut,tangkap,adili dan penjarakan pelanggaran HAM selama keberadaan Freeport di papua.

7.Biarkan rakyat dan bangsa west papua   menentukan masa depan pertambangan freeport.

8. Freeport wajib merehabilitasi lingkungan akibat ekspotasi tambang. 




Pewarta : Martinus Pigome





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Demo Di Malang : AMP Teriak NKRI Berikan Kebebasan West Papua