BREAKING NEWS
Search

Raja Ampat, Pantai Terindah dan Ternama

Foto; Ilustrasi Kejora Y/KM
Oleh: Emiliano Kejora Yumte

OPINI, KABARMAPEGAA.COM – Kota Sorong tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke tempat wisata Pantai NN km 9 Sorong. Buaya saja ke sini masa kamu tidak berkunjung. PANTAI RAJA AMPAT, pantai terindah dan ternama di Kota Sorong - Papua Barat.

Eksotisme alam Papua selalu mengandung daya hipnotis yang kuat bagi traveler manapun. Kondisi Papua yang berupa kepulauan, menghadirkan pesona alam tersendiri. Salah satunya, destinasi spektakuler, Pantai Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Dr John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.

Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, mereka mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini.

Ada salah satu kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu Pantai NN km 9 Sorong. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. 

Pantai NN ini juga tidak kalah indahnya dengan Raja Ampat, Pianemo Wayag, maka masyarakat setempatnya mengajak untuk berkunjung menuju Pantai NN km 9 Sorong guna untuk berwisata, terutama melihat indahnya pantai terbut dan mandi-mandi di Pantai NN km 9 Sorong.

Pemerintah sudah membangun trotoar ratusan juta untuk tampung banjir, namun membiarkan masyarakat setempatnya dengan kondisi yang ada, masyarakat km 9 mereka pun membuka usaha berupa memelihara ikan lele dari air yang tak layar bagi pemeliharaan ikan lele namun mereka merasa bahwa ini yang terbaik bagi kita untuk membuka usaha di tempat yang mereka tinggal.

Bagaimana kalau kita bentuk panitia expedisi Pantai NN, sebab ini menjadi aikon Wisata NN yang tidak kalah saingan dengan pesona alam wisata Raja Ampat.

Para DPRD dan instansi tertentu harus bersuara agar tercipta pesona alam wisata yang indah di pandang oleh dunia, karena kalau tidak salah pemerintah sementara sudah kembali bongkar trotoar yang mereka bangun ratusan juta, padahal trotoar itu sendiri belum genap satu tahun kira-kira pemerintah membangun sesuatu di kota ini mereka buat kajian atau tidak, ini menjadi pertanyaan bagi pemerintah daerah untuk mengoreksi kinerja kerja sebagai pemerintah yang bertanggung jawab?

Jalan baru juga tak kalah asyik, di lihat kacamata sendiri agar ini menjadi tempat wisata yang layak bagi para pengunjung baik masyarakat lokal, nasional bahkan internasional. 

Untuk mencapai wisata yang lebih unik dan terindah pemerintahan harus melihat hal demikian dan ini menjadi kritik supaya para pejabat pemerintah daerah maupun provinsi membuka mata, tidak berpikir kepentingan diri sendiri dibandingkan membangun secara meluas demi kepentingan bersama, rakyat setempatnya dan pada umumnya rakyat Papua. (FP/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Raja Ampat, Pantai Terindah dan Ternama