BREAKING NEWS
Search

TPKP:Kendala Dana Untuk Nyalurin Bantuan Suku Korowai



Mahasiswi Gelar Aksi Galang Dana di Lampu Merah, Dok 2, Kota Jayapura. (Foto: Alexander Gobai/KM)


JAYAPURA,KABAR MAPEGA.COM --Tim Kesehatan dan Pendidikan Rimba Papua (TPKP) dikabarkan kendala pengiriman bantuan kemanusian ke suku korowai. 

Ketua TPKP Rimba Papua, Norberd Bobii menegaskan, banyak bantuan mulai berdatangan di posko darurat kesehatan dan pendidikan untuk Korowai.kami pusatkan pengumpulan bantuaan di asrama Yalimo, ekspo Waena.Bantuan tersebut berkumpul dari berbagai pihak organisasi maupun secara pribadi.

“Bantuan yang kami kumpulkan Sekitar 3 ton berupa pakaian layak pakai,obat-obatan, buku tulis, bolpen, pensil, mistar, sabun mandi, sabun cuci dan bama,”katanya kepada wartawan kabarmapega.com  jumat,(07/04).

Namun,kata dia,barang yang terkumpul  ini sangat kurang untuk kebutuhan suku Korowai.seba menurutnya,suku Korowai sangat banyak dan berpencar di beberapa dusun di persimpangan kabupaten Yahukimo, Pegunungan Bintang, Boven Digoel dan Asmat.

Kopkedat Papua dan TPKP Rimba Papua akan menjalankan sumbagan sukarela dan kotak amal di beberapa basis diantaranya; gereja, LSM, BEM-PTN dan BEM PTS, instansi pemerintah dan pihak berkompoten lainnya. 

Ribka Degei Peduli kemanusian mengatakan, dirinya rasa peduli pada orang Korowai meninggal tanpa ada pelayanan kesehatan.

Ia pun berharap,dengan sumbangan ini dapat bermanfaat bagi suku Korowai yang berada di rimba hutan Papua selatan.

Saya sumbang baju untuk suku korowai karena rasa kepedulian.semoga bantuan ini bermanfaat bagi mereka, kata Ribka kepada kabarmapega di kabesma Uncen pada Jumat, (07/04).

 “Kami minta dinas kesehatan Papua yang membentuk tim untuk bersama-sama turun ke Korowai,”Ujar Norbed Bobii yang juga ketua BEM Fakultas Kedokteran Uncen itu.

Menurut,Bobii pihak dinkes Papua perlu konsisten untuk melakukan pengkajian maupun penilaian cepat terhadap kondisi ekologi di Korowai. 

Sehingga kelak pemerintah terutama dinas kesehatan dapat memberikan pengobatasan sesuai dengan kebutuhan para penderita penyakit.

Sementara itu,Ketua Komunitas Peduli Kemanusian Daerah Terpencil(Kopkedat Papua), Yan Akobiarik membeberkan bahwa pihaknya membutuhkan bantuan dari semua pihak.

Ia mengaku,banyak barang yang sudah dikumpulkan di Jayapura, namun pihaknya mengalami kendala besar dengan biaya pengiriman barang dari Jayapura ke Yahukimo melalui pesawat udara. 

Wartawan Ketika ditanya, ada perhatian dari pemerintah? Yan mengatakan, dinas kesehatan Papua sudah tangani satu pasien atas nama Imanuel Warita. 

Ia berharap, dinas kesehatan turunkan team medis untuk melayani masyarkat korowai.kalau di biarkan terus suku korowai akan habis penyakit yang di derita.

Informasi yang dihimpun media ini selama ini dinas kesehatan Papua sudah tangani Imanuel Warita Imanuel ini dalam pengawasan kami, teman-teman Kopkedat”, ucapnya Yan.



Pewarta : Soleman Itlay


Editor    : MP



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “TPKP:Kendala Dana Untuk Nyalurin Bantuan Suku Korowai