BREAKING NEWS
Search

Ada Makna Dibalik Masalah

Foto: Dok, Prib Yulianus N/KM
Oleh: Yulianus U. Nawipa

OPINI, KABARMAPEGAA.COM - Semua penduduk di buka bumi ini memiliki masalah. Masalah adalah bagian dari hidup sewaktu kita dilahirkan bumi ini, tentu kita sudah punya masalah entah besar atau kecil apa saja. Apa arti sebuah masalah untuk anda dan saya tentu penting dihadapi masalah karena tak ada yang jalan mulus di dunia ini dan tak ada manusia yang luput dari masalah untuk menghadapinya.

Ketika kita menghadapi masalah apa saja baik masalah pribadi, keluarga dan komunitas umum kita mengambil sikap jujur, benar dan adil untuk menyelesaikan yang tepat. Penulis pernah membaca sebuah buku yang berjudul cracking The millionaire code, di karangan oleh Mark Viktor Hansen (penulis chicken soup for the soul) dan Robert G. Allen (Penulis, Creating wealth) dikatakan bahwa masalah kita dihadapi bernilai juataan.

Masalah itu bernilai jutaan,berarti menghadapi masalah punya manfaat yang luar biasa terhadap dirinya. Jadi, semakin banyak anda dan saya punya masalah, maka semakin kaya diri untuk menghadapi masalah tentu saja kekayaan ini, kita akan mampu raih jika kita mampu mengoptimalkannya. Apa saja manfaatnya anda dan saya mendapatkan ketika anda dan saya mempunyai masalah.

Menjadi Lebih Dewasa

Dengan kita menghadapi masalah tentu kita akan membuat lebih dewasa.maksud dari kata dalam konteks ini adalah bukan dari segi umur dan dari segi tinggi badan, namun dewasa dalam bersikap, dewasa dalam mengambil keputusan, dewasa dalam berpikir, dewasa dalam bergaul atau berteteraksi, dewasa dalam berbisnis dewasa dalam menulis,dewasa dalam menghadapi masalah apapun. Mengapa kita bisa menjadi lebih dewasa karena kita sudah pengalaman dihadapi masalah tentu pengalaman menjadi pelajaran anda dan saya di bumi ini.

Dihadapi Masalah Nikmat
 
Dihadapi masalah itu biasa seperti garam bagi sayur, pupuk bagi tanaman,kecap bagi nasi goreng, keyboard dan monitor bagi komputer artinya kehidupan anda dan saya tidak lengkap dan nikmat jikalau kita tidak menghadapi masalah, karena kita merasa tertantang untuk menghadapinya jikalau merasa berhasil kita mengalahkan masalah itu tentu ada kenikmatan bagi anda dan saya karena kita merasa diselesai masalanya.

Bertambanya Ilmu

Ketika kita mengahadapi masalah tentu masalah juga akan mendatang bertambanyanya ilmu. Karena masalah yang kita menghadapi sangat penting butuh ilmu untuk ilmu menyelesaikan masalah atau mengatasinya, sehingga kita harus menghadapi masalahnya.

* Penulis adalah Rakyat Papua, Tinggal di Papua

Editor: Muyepimo P


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ada Makna Dibalik Masalah