BREAKING NEWS
Search

Mahasiswa Intan Jaya Dibekali Pengetahuan Jurnalistik




Wartawan Jubi Hendrikus Yeimo Memaparkan Materi Dihadapan Pesrta Pelatihan Jurnalistik Foto : Hagimuni/KM




JAYAPURA KABAR MAPEGA.com --- Hari Kamis,(15/06) bertempat di Aula Asrama Intan Jaya Jalan  Buper Waena menggelar pelatihan menulis dari Suara Papua. pelatihan menulis berita selama satu hari kepada Mahasiswa Asal Kabuapaten Intan  Jaya nara sumbernya dari wartawan koran jubi antara lain,Hendrikus Yeimo,Agus Pabika dan Beny Mawel.

Panitia Pelaksana Pelatihan Jurnalistik  Arnol Belau mengatakan tujuan pelatihan diadakan adalah Mahasiswa  dari Kabupaten Intan Jaya juga mampu menulis berita dalam media online maupun media cetak.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa.harapanya adik-adik Mahasiswa bisa jadi wartawan terbaik dari wartawan senior lain yang ada di Papua ini,”katanya.

Dalam Pelatihan Jurnalistik kali dibekali dengan berbagai materi antara lain,Beny Mawel menyampaikan materi “Tantangan Anak Asli Papua Jadi Wartawan di Papua,Hendrikus Yeimo Yeimo “Bagaimana Penulis Pemula Memulai Menulis” Kemudian Agus Pabika Menyampaikan materi tentang “Foto Jurnalistik dan Fotografi”.

Dalam materinya Benny Mawel mengatakan,menjadi wartawan tak semudah sebab kata dia, wartawan Orang Asli Papua (OAP) selalu menghadapi banyak tantangan.

“Kita sebagai wartawan papua tidak ditipu dari orang lain sebelum kita buat berita harus turun dilapangan melihat masalah yang terjadi dilapangan sana,”katanya.

“Hanya dengar isu saja, tak boleh jadikan sebuah berita sebab,tak ada nilai di publik,”punkasnya.

Ia pun berujar,jadi wartawan frofesional bukan hanya menulis melainkan banyak membaca buku.

Sementara Itu,Hengky Yeimo dalam matei  tentang menulis menjelaskan,menulis itu sebuah panggilan hidup. sekarang kita semua sedang belajar, sehingga kita harus mendekati dengan orang yang mahir menulis, selain itu kita pun harus  banyak mambaca, berlatih menulis.kita tidak boleh jiblak ide orang lain, dan yang bisa ambil adalah hanya sistematikanya,”Jelasnya Wartawan Jubi.

Lanjutnya,Agus Pabika dalam materinya berujar,sebuah berita tanpa foto tidak ada nilai dipublik.

“Media online maupun media cetak, musti ada foto.wartawan akan mengambil foto juga sesuai dengan isinya beritanya,” katanya.

“Jadi wartawan perlu belajar teknik pengambilan foto sebab foto jurnalis kutik hanya sekali saja, dan kita tidak bisa mengatakan ulang gaya fotonya,”Jelasnya. 


Pewarta : Hagimuni 

Editor    : MPG



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mahasiswa Intan Jaya Dibekali Pengetahuan Jurnalistik