BREAKING NEWS
Search

Mahasiswa UNIPA Mendesak Rektor Segera Turunkan SK Kenaikan SPP

Foto: Dok, Yulianus T/KM
Oleh : Yulianus Taa


ARTIKEL, KABARMAPEGAA.COM - Kami dari Solidaritas Mahasiswa yang peduli kampus meminta dengan tegas Kepada Bapak Rektor Kampus Universitas Papua Manokwari, Papua Barat, segera meninjau kembali terkait SK atau Surat Keputas yang di ambil untuk menaikan SPP bagi Mahasiswa Baru. Sebab, keputusan yang di ambil ini adalah keputusan pribadi atas nama rector dan keputusan ini sebenarnya diambil secara keputusan bersama rapat seneat UNIPA.

Dan dari pihak-pihak pimpinan mahasiswa saja tidak dilibatkan dalm mengambil keputasan ini bertanda bahwa keputusan yang di ambil oleh pimpinan tertinggi kami unipa adalah keputusan pribadi. Namun, pimpinan harus tau bahwa ia ada karena kami mahasiswa dan kami ada karena ada rektor.

Dan Keputusan yang di ambil oleh Bapak Rektor UNIPA ini sangat mematikan ruang gerak bagi kami Mahasiswa Papua yang saat ini tinggal di pelosok kampung dan pelosok gunung. Dan Ini menjadi pertanyaan besar bagi kami ketika SPP UNIPA sudah naik dan sdik dan generasi kita mau menempuh pendidikan di mana lagi. Kita tahu bahwa UNCEN hadir di Jayapura dan UNIPA hadir di Manokwari. Karena bertujuan untuk menjawab semua sumber daya manusia Papua yang ada di Bumi Cendrawasi Papua.

Padahal kita tau bahwa papua dan papua barat di kenal sebagai daerah yg kaya atas sumber daya alamnya (SDA) tapi, semua itu di ke manakan bukankan berbagai daerah yg sudah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada unipa dan berbagai perusahan ternama di papua yg sudah memberikan bantuan biaya pendidikan seperti PT Freepot, PT LNJ dan PT Pertamina.

Dan bagian suasta yaitu Bank Papua. Bank BRI, Bang BNI Bank MANDIRI dan pihak suasta yang lain yg sudah memberikan bantuan kepada pihak Universitas Negeri Papua.

Hal ini, biaya siswa yang dudah di bantu oleh pihak perusahan dan Suwasta tersebut. Dan itu pun terlepas dari bantuan Pemda Propinsi Papua Barat yang sudah dialokadikan kedalam UU OTSUS bahwa 30% adalah diberikan untuk biaya pendidikan yang ada di Papua salah satu Universitas Negeri Papua.

Yang mendapatkan biaya dari pihak Pemerintahan Daerah Propinsi Papua Barat agar Mahasiswa di Kampus Universitas Negeri Papua (UNIPA) wajib bersuara dan memprotes ketidak benaran dan ketidakjelasnya yang di lakukan kampus oleh mahasiswa maka mahasiswa mempunyai hak untuk bersuara.

Kampus UNIPA wajib menerima dan memprioritaskan OAP dan SPP, pembangunan dll. OAP tak boleh dinaikan dan Jangan pernah mendiskriminasikan OAP di kampus UNIPA karena UNIPA di bangun khusus dan untuk Orang Asli Papua.

Mahasiswa UNIPA bersuara di pagi tadii terkait kenaikan biaya SPP namun itu semua dengan jalan Tuhan maka, aspirasi mahasiswa/i di jawab juga dengan baik oleh Bapak Rektor Unipa bahwa akan mencabut surat keputusan kenaikan spp di lingkungan UNIPA. (Muyepimo/KM)

*) Penulis adalah Aktivis Forum Independen Mahasiswa Manokwari (FIM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mahasiswa UNIPA Mendesak Rektor Segera Turunkan SK Kenaikan SPP