BREAKING NEWS
Search

Pemimpin Ideal, Harapan Rakyat

Foto: Dok, Petrus P/KM
Oleh: Petrus Pekei

OPINI, KABARMAPEGAA.COM - Pemimpin Ideal Harapan Rakyat Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam skala besar maupun dalam skala kecil. 
 
Hidup dalam berkelompok tentulah tidak mudah, Untuk menciptakan kondisi kehidupan yang kondusif, harmonis, dan saling menghormati serta menghargai merupakan impian setiap insan. Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan sosok seorang panutan yang dapat di andalkan. Sosok itu dapat disebut dengan pemimpin (leader).

Pemimpin memiliki arti sebagai proses mempengaruhi orang lain untuk dapat bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan, olehnya itu, untuk mewujudkan kepemimpinan yang ideal para pemimpin hendaknya memiliki talenta yang tinggi agar dapat menjalankan roda kepemimpinan seperti yang diharapkan rakyat.

Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan, melewati jalan tersebut, dan menunjukkan jalan itu untuk orang lain. Kalimat inilah hendaknya dipahami oleh setiap pemimpin. Menyadari peran pemimpin yang sangat sentral itu, maka dibutuhkan kriteria-kriteria pemimpin yang terbaik sehingga dapat mengelola diri, kelompok dan lingkungan dengan baik Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik dan sulit.

Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik. Di samping itu para pemimpin memiliki peranan penting dalam membantu kelompok, organisasi atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka. Sehubungan dengan hal itu. Pemilu yang akan di adakan memili kepala daerah tahun 2018 di Kabupaten Deiyai dan Paniai ini Momentum merupakan satu mekanisme demokrasi untuk melahirkan pemimpin yang memiliki karakter dan bisa memimpin rakyatnya dengan seadil-adilnya.

Kini, saatnya masyarakat di sebahagiaan daerah Meepago menikmati kebebasan hak dalam mewujudkan cita-citanya. Walaupun kebebasan rakyat hanya terjadi dalam memilih pemimpin, tetapi yang paling penting, disaat rakyat punya kebebasan maka wujudkanlah mimpi dan harapan semaksimal mungkin dengan memilih pemimpin-pemimpin ideal, visioner yang mampu membawa nama daerah menjadi lebih baik menuju daerah yang makmur, mandiri, sejaterah, dan maju.

Oleh karena itu, Pemimpin yang ideal sejatinya bukan hanya yang memiliki kwalitas keilmuan tinggi, pengalaman, popularitas dan lainnya tetapi yang mampu dan berani membawa perubahan atas nama rakyat, empati, punya tanggung jawab besar dalam mengembang amanah, wewenang dan mau mengabdi kepada rakyat.

Jeritan-jeritan kehidupan itulah yang semestinya di cover oleh para pemimpin untuk diterima di hati rakyat. Para “Kupu-Kupu” ini harus terbang melihat nasib rakyat sekaligus menunjukkan dan meyakinkan kualitasnya kepada rakyat. Bahwa mereka adalah “Kupu-Kupu” yang terus bergerak cepat dan terbang ke arah yang lebih baik mencari bunga-bunga perubahan dan Bunga-Bunga kesejahteraan. 
 
Rakyat merindukan pemimpin yang memihak pada rakyat, pemimpin yang peduli nasib rakyat, pemimpin yang Cinta Rakyat, pemimpin yang tegas, pemimpin yang memiliki orientasi pada ekonomi kerakyatan, dan pemimpin yang mandiri.
 
Sungguh, Rakyat membutuhkan seorang Ideal Leaders (Pemimpin Ideal) yang mampu dan merakyat untuk membawah perubahan dengan rasa cinta dan kasih sayang akan (Layanan) yang tepat pada sasaran yang seluruhnya bisa dirasakan oleh masyarakat secara adil dan bijaksana sehingga bisa membawa perubahan ke taraf yang lebih baik. (Muyepimo/KM)

*) Penulis adalah Petrus Pekei, Alumni IPDN Bandung


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pemimpin Ideal, Harapan Rakyat