BREAKING NEWS
Search

Kronologi Aksi Massa AMP KK Bogor, Memperingati Hari Aneksasi Papua Oleh Indonesia

Foto: Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Bogor, Usai di hadan oleh Kepolisian Kota Bogor Jumat, (1/15) di Depan Tugu Kujan Bogor, Jawa Barat./KM
Bogor,(KM)--Massa aksi mempersiapkan atribut aksi pada pukul 06.00 hingga 08.15 di Asrama IPMANAPANDODE, Emawa Baranansiang  Jln.Bangka No.15 Bogor Timur. Dari jam 08.15 hingga 08.56 masa aksi menuju titik pusat digelarnya aksi yaitu di Tugu Kujang, yang mana terletak di pusat kota Bogor, sesuai keputusan kepolisian Bogor Kota bahwa Aksi AMP dalam bentuk Mimbar Bebas.

Massa memulai aksinya dari jam 08.56 hingga jam 10.54 di titik aksi, Kami berorasi secara bergantian. .-

Pada awal aksi dimulai, petugas keamanan hanya berangotakan 4 orang dan 2 intelkam kota Bogor.

Aksi massa berjalan secara lancar, namun atribut yang massa gunakan adalah nuansa Bendera Bintang Kejora maka beberapa menit kemudian tepat pukul 09.14 kepolisian kota Bogor kerakan Polantas untuk menghadang aksi kami. Kepolisian menggunakan 4  Truk, 2 mobil patroli, 3 buah avansa, 2 buah strada, 1 mobil tentara dan puluhan motor dinas kopasus.

Masa aksi tetap semangat melanjutkan aksinya. Namun pada pukul 09.30 gabungan kepolisian menghadang kami, dengan berdiri didepan spanduk yang kami bentangkan, sehingga membuat pengguna jalan tidak melihat apa yang kami suarakan.

Pada pukul 09.40 setelah kami negosiasi berdasarkan surat yang diputuskan oleh Porles Bogor kota maka kasad intelkam Syaipudin menyuruh anggotanya untuk berpidah dari hadapan kami setelah 10 menit kemudian, karena kami (massa aksi) bersikeras untuk maju hingga di tenga jalan apabila terus dihadang, karena di lapangan tidak terjadi sesuai kesepakatan bersama sehari sebelumnya.

Pada pukul 09.46, Kami didatangi komandang kopasus dan para intelijen. Mereka mengambil gambar dan video dari depan dan belakang  kami.

Setelah 5 menit berikutnya tepat jam 09.51 para polantas diarahkan oleh komandang untuk bergeser dari hadapan spanduk massa ke samping Tugu Kujang. Usainya, massa melanjutkan orasinya tanpa pengawalan polantas dan Kopasus hingga selesai pada pukul 11.07 WIB.

Kemudian masa berkumpul kembali di belakang Tugu Kujang untuk beres-beres atribut aksi dan minum air karena cuaca panas memihak massa aksi. Akhirnya doa penutup dipimpin oleh salah seorang massa aksi, dan bubar meninggalkan tempat aksi dengan tenang.


Daftar Atribut Yang Kami Gunakan  :
    Gambar Bendera Bintang Kejora pada kertas Manila sebanyak  5 lembar
    Poster berisi tuntutan sebanyak 9 buah
    Spanduk 2 buah
    Sall bergambar Bendera Bintang Kejora
    Baju Bergambarkan Bendera Bintang Kejora dan bertulisan Free West Papua (depan) dan bertulisan Hak Menentukan Nasib Sendiri Solusi Demokratis Bagi Rakyat Papua Barat dan bergambarkan lambang Negara Papua Barat Burung Mambruk

    Megapon satu buah
    Bendera AMP
    Tali komando

Dalam aksi yang digelar kali ini, masa aksi dikawal ketat oleh gabungan Kepolisian Bogor dan terjadi penghadangan namun tidak terjadi hal-hal lain yang kami tidak inginkan. Pada akhirnya  aksi kami berjalan dengan baik hingga Massa Aksi membubarkan diri. (Admin/013/KM)

 




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kronologi Aksi Massa AMP KK Bogor, Memperingati Hari Aneksasi Papua Oleh Indonesia