BREAKING NEWS
Search

KATA KATA BIJAK PAHLAWAN REVOLUSI AFRIKA SELATAN NELSON MANDELA

(Nelson Mandela Pahlawan Revolusioner.Foto :www,tokohpopuler.com/KM)
Oleh:Musa.Petitaiby Pekey

" Kemulian terbesar dalam hidup tidak terlepas pada keberhasilan kita untuk tidak pernah jatuh,tetapi selalu bangkit setiap kali kita jatuh "

" Sebagaimana kita membiarkan cahaya kita bersinar,tanpa sadar kita mengizinkan orang lain melakukan hal yang sama"

"Saya belajar bahwa keberanian bukanlah tanpa rasa takut,tapi kemenangan atas itu.Pria pemberani bukanlah orang yang tidak punya rasa takut,tetapi dia akan mengalahkan rasa takut itu "
"Selalu tampak tidak mungkin sampai hal itu dilakukan "

"Apabila anda ingin berdamai dengan musuh anda,maka anda harus dapat bekerja sama dengan mereka.Selanjutnya,mereka akan menjadi kawan baik anda"

" Seperti yang telah saya katakan,hal pertama adalah jujur dengan diri sendiri.Anda tidak  pernah bisa mengubah masyarakat jika anda belum mengubah diri sendiri.Pendamai besar adalah semua orang yang penuh integritas,kejujuran tetapi rendah hati."

"Lebih baik memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain didepan,terutama ketika anda merayakan kemenangan ketka hal hal baik terjadi.Ambillah garis depan ketika ada bahaya,maka orang orang akan menghargai kepemimpinan anda."

"Karena kita dibebaskan dari ketakutan kita sendiri ,maka kehadiran kita secara otomatis membebaskan orang lain."

"Sebagai seorang pemimpin saya selalu berusaha mendengarkan apa yang masing masing dan setiap orang katakan dalam sebuah diskusi sebelum saya mengatahkan pendapat saya sendiri.Sering kali,pendapat saya sendiri hanya akan mewakili konsesus dari apa yang saya dengar dalam  diskusi.Saya selalu ingat aksioma:pemimpin seperti gembala.Dia tetap berada dibelakang kawanan,membiarkan yang paling lincah berjalan kedepan,dimana yang lain mengikuti,mereka tidak menyadari bahwa selama ini mereka sedang diarahkan dari belakang "

"Pendidikan adalah mesin besar pengembangan pribadi.Melalui pendidikan anak seorang petani bisa menjadi dokter,anak penambang bisa kepala tambang dan seorang anak buruh tani bisa menjadi seorang presiden"

"Untuk menjadi bebas tidak hanya membuang rantai seseorang,tetapi hidup dengan cara menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain."

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia"

"Di negara kami,kami pergi ke penjara dahulu baru kemudian menjadi presiden."

"Dikatakan bahwa tidak seorang pun benar-benar tahu sebuah bangsa sampai seseorang itu berada didalam penjaranya.Sebuah negara tidak boleh dinilai dari bagaimana memperlakukan warga yang tertinggi,tetapi bagaimana memperlakukan warga yang terendah "

"Ketika air mulai mendidih,mematikan apinya adalah kebodohan."

"Uang tidak akan menciptakan kesuksesan tapi kebebasalah yang akan menciptakannya."

"Apakah ada yang benar benar berpikir bahwa mereka tidak mendapatkan apa yang mereka miliki bakat atau daya tahan atau komitmen?"

"Saya benci rasialisme,karena saya menganggapnya sebagai hal yang barbar,apakah itu berasal seorang kulit hitam maupun kulit putih."

"Hanya orang bebas yang dapat bernegosiasi;tahanan tidak bisa masuk kedalam kontra.Kebebasan anda dan saya tidak dapat dipisahkan"

"Jika anda mimpi tentang afrika selatan yang indah,ada juga jalan menuju tujuan mereka.Dua jalan ini disebut kebaikan dan pengampunan."

"Waktu datang dalam kehidupan bangsa manapun ketika hanya ada dua pilihan -menyerah atau melawan.Waktu itu kini telah datang di afrika selatan.Kita tidak harus menyerah dan kita tidak punya pilihan selain memukul kembali dengan segala cara dengan kekuatan kita untuk membela rakyat kita."

"Komunis selalu memainkan peran aktif dalam perang negara negara kolonial untuk kebebasan mereka,karena tujuan jangka pendek komunisme akan selalu sesuai dengan tujuan jangka panjang gerakan kebebasan."

"Tidak pernah,tidak pernah dan tidak akan pernah lagi tanah yang indah ini mengalami penindasan kembali antara satu dengan yang lain."

"Jika Amerika atau Inggris  mengadahkan pemilu ,mereka tidak memintah pengamat dari afrika atau asia.Tetapi ketika  kita mengadakan pemilu,mereka ingin mengamatinya."

"saya tidak pernah peduli dengan hadia untuk diri saya sendiri.Seorang pria tidak menjadi pejuang rakayat afrika,saya telah berjuang melawan dominasi kulit putih dan kulit hitam.Saya menghargai demokrasi yang ideal dan kebebasan masayarakt untuk semua orang."

"Sebuah kepal dan hati yang baik selalu merupakan kombinasi yang tangguh.Tetapi ketika anda menambahkan pena dan lindah yang terpelajar,maka anda memiliki sesuatu yang sangat istimewah."
"Penjara itu sendiri adalah pendidikan luar biasa untuk kesabaran dan ketekunan.Ini merupakan ujian atas komitmen seseorag."

"Ketika seorang pria ditolak haknya untuk menjalani hidup yang dia yakin,dia tidak punya pilihan,kecuali menjadi penjahat."

"Setiap orang bisa bangkit dari keadaan terpuruk dan mencapai sukses jika tanpa takut berjuang dengan gigih."

"Kematian adalah hal yang tak terelakan.Ketika seorang manusia telah melakukan apa yang ia anggap sebagai tugasnya untuk rakyat dan negerinya,ia bisa beristirahat dalam damai.Saya percya saya telah membuat upaya itu,dan karena itu saya akan tidur untuk keabadian."

"Tak ada orang yang terlahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya,latarbelakangnya,atau agamanya.Orang harus belajar untuk membenci.Jika bisa belajar untuk membenci,maka mereka bisa diajar untuk mengasihi karena kasih lebih alamiah bagi hati manusia ketimbang sebaliknya."

"Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif.Usaha untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup didalamnya."

"Dari pengalaman tentang sebuah bencana kemanusiaan luar biasa yang berlangsung begitu lama,harus lahir sebuah masayrakat yang membuat semua umat manusia bangga."

"Kita memahami bahwa masih belum ada jalan mudah bagi kemerdekaan.Kita tahu dengan baik bahwa tak seorang pun dari kita bisa mencapai sukses dengan bertindak sendirian.Karena itu,kita harus bertindak bersama sebagai rakayat yang bersatu demi rekonsiliasi nasional,demi pembangunan bangsa,demi kelahiran sebuah dunia baru."

"Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusian itu sendiri.Membuat seorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan berarti tidak memanusiakan mereka.Namun,hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita dibawah sistem apartheid."

"Orang mungkin mengatahkan,menghabiskan waktu 27 tahundi penjara telah menyia nyiakan hidup mu.Namun,hal paling penting bagi seorang politisi adalah apakah gagasan gagasan tempat kamu menggantungkan hidup mu masih tetap hidup,apakah gagasan-gagasan itu menang pada akhirnya,dan semua yang terjadi menunjukkan bahwa kita tidak  berkorban sia sia ."

"Hanya politisi yang tidak turun ke lapangan yang imun dari kelakuan  kesalahan.Kesalahan merupakan hal inheren dalam tindakan politik."

"Saya mengakui bahwa saya tidak punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri,betapa pun saya boleh bangga dengan adat kebiasaan saya."

"Mengatasi kemiskinan bukan sebuah sikap amal.Itu  merupakan tindakan keadilan.itu merupakan perlindungan terhadap hak asasi manusia yang fundamental,hak atas martabat dan kehidupan yang layak.Selaga kemiskinan berlanjut,tidak ada kemerdekaan sejati. "

"Selama hidup,saya telah mendedikasikan diri untuk memperjuangkan rakayat afrika.saya telah bertarung melawan dominasi kulit putih dan dominasi kulit hitam.Saya membela gagasan demokrasi dan msayrakat yang merdeka yaitu ketika semua orang dapat hidup berdampingan dengan harmonis dan memiliki kesempatan yang sama.Ini adalah gagasan yang saya perjuangkan.Tapi jika Tuhan berkehendak lain,saya siap mati demi perjuanganku."

"Saya tidak mendapat ilham,tidak ada pencerahan,tidak ada moment pengakuan,selain akumulasi rasa marah ku terhadap banyak nya ketidak adilan dan momen-momen tidak di kenang,rasa berontak,hasrat untuk melawan sistem yang telah memenjarahkan banyak orang.Tidak ada hri khusus sat saya berkata,saya akan mengabdikan diri ku untuk pembebasan rakayat ku,malahan,saya bisa langsung melakukannya hal yang sebalik nya."

"Saat saya keluar melalui gerbang menuju kebebasan saya,saya mengetahui jika saya tidak meninggalkan kepahitan dan kebencian saya,maka saya mungkin masih terpenjara."

"Kesulitan dapat mematahkan semangat sebagian orang tetapi melahirkan yang lain.Tidak akan pernah  ada kapak yang cukup tajam untuk memotong seorang pendosa yang selalu berusaha.Satu senjata akan tetap tegak  sampai akhir."

"Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka karena mereka akan melayani mu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang."

"Semua orang bisa berdiri diatas situasinya dan mendapatkan kesuksesan bila mereka mendedikasikan dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan."

"Orang orang Afrika selatan yang mencaci saya karena saya loyal kepada teman teman saya,sebenarnya mereka dapat pergi dan menceburkan diri ke kolam renang.Saya tidak akan mengkhianati kepercayaan dari orang-orang yang membantu saya."

"Kekuatan imajinasi menciptakan ilusi bahwa visi saya melihat lebih jauh dari mata telanjang yang bisa melihat dengan sebenarnya."

"Di mana ada kemiskinan,tidak ada kebebasan sejati.Dunia lapar akan tindakan ,bukan kata-kata.saya bangga memakai simbol penyebab global untuk bertindak. "

"Diantara tantangan utama negara kita adalah kejahatan,pengangguran,dan korupsi"

"Moralitas kita tidak  mungkin kita meninggalkan teman-teman kita."

"Tidak ada alasan mengapa penderitaan harus menyembunyikan bahwa mereka telah terinfeksi oleh pandemi ini."

"Ketika anda diam maka anda menandatangani surat kematian anda sendiri."

"Kalau telah gagal menangani HIV/AIDS secara serius.Kegagalan itu adalah pengkhianatan terhadap perjuangan untuk keadilan sosial dan harapan bagi masyarakat sosial kita."

"Ini adalah salah satu instrumen yang ampuh untuk membawa bangsa bersatu,dan juga mengatahkan,mari kita lupakan masa lalu.Mari kita berpikir tentang masa depan ."

"Salah satu godaan seorang pemimpin terpilih tanpa lawan adalah ia dapat menggunakan posisi yang kuat untuk memenangkan skor terhadap pengkritiknya,meminggirkan mereka dan dalam kasus tertentu menyingkirkan mereka dan mengelilingi diri nya dengan pria dan wanita yang mendukung nya."

"Mari kita publikasikan HIV/AIDS dan tidak menyembunyikan,karena satu satunya cara untuk membuatanya tampak seperti penyakit normal seperti TB,Kanker adalah selalu menyuarahkan dan mengathkan seseorang telah meninggal kren HIV/AIDS.Dan orang -orang akan berhenti menganggapnya sebagai sesuatu yang luar biasa."

"Setia negara di dunia menghadapi tantangan.Salah satu tantangan kita disini adalah memastikan bahwa kita menghadapi kemiskinan,kekurangannya pendidikan."

"Salah satu dari beberapa keuntungan hidup di penjara adalah seseorang memiliki waktu untuk membaca.Ini membuka pikiran kita dan memaksa kita untuk memerikasa kembali beberapa pandangan kita."

"Anda tahu bahwa anda benar benar terkenal ketika anda menemukan bahwa anda telah menjadi tokoh komik."


Sumber:"Buku Jejak Perlawanan Mandela Di Antara Suramnya Kolonialisme Dan Politik Apartheid Yang Tulis" TOFIK PRAM"



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KATA KATA BIJAK PAHLAWAN REVOLUSI AFRIKA SELATAN NELSON MANDELA