BREAKING NEWS
Search

Pilih Mana ??? Tiga Toko Religius



Foto Pastor Amandus Rahadat,Pr sebagai Pengkothba Minggu 26/7.Ansel/KM.

Religius Timika (KM),Hari ini minggu biasa ke XVII dalam prakata Gerja Kateral Tiga Raja,Pastor paroki  Amandus Rahadat,Pr.Mengatakan bahwa sikap belas kasih sangat di butuhkan dalam perjuangan umat kristiani,maka tiga toko utama dalam alkitab yakni Philipus,Andreas dan Yesus memjadi salah satu contoh untuk kita mempelajari dalam watak dan sifat pribadi.

Dalam kisah  alkitab yang memaparkan tentang bagaimana cara memiliki nilai nilai religius dalam hidup sehari-hari berdasarkan Tiga toko diatas  sebagai berikut.

Pertama,rasul  Philipus yang bersifat skepsis yang seakan-akan ia bertobat dalam ajaran religius sehingga ia mengajak dan menceritakan orang lain bahwa kamu harus mengikuti ibadah dan kegiatan yang lain agar tujannya supaya kamu boleh memiliki nilai religius yang baik.Pada hal diri-Nya saja belum menguasai dan memiliki nilai-nilai religius dalam kehidupan alis orang munafik.

Kedua,Rasul Andreas yang bersifat optimis,Ia selalu memperhatikan dan mengajarkan sesuatu hal yang baru tentang religius kepada orang yang belum memahami dengan cara terlibat diri-Nya dalam kegiatan itu sendiri,sehigga ia menjadi toko  pembawah dan pemecah masalah atau toko solusia bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ketiga,Yesus itu sendiri,Mujizat  terjadi dimana-mana, kapanpun bagaimanapun dan diamanpun ,yang bersifat terbuka bagi siapa saja,asal kita mau mendengar dan menjalakan ajar-ajar yesus itu sendiri dalam kehidupan sehari- hari.Dalam alkitab Rasul Yohanes menuliskan tentang bagaimana yesus memberikan makan Lima ribu orang dari hasil jarih payah seorang anak yakni dua ikan dan lima roti akan di berkati oleh Yesus sehingga lima ribu orang yang ada di situ puas,sehingga tersisa dua belas keranjang.Hal ini menjadi mujizat saat itu yang di saksikan beribuh-ribu orang.

Kepekaan Sikap yesus terhadap orang-orang yang ada disitu sangat terhormat karena,sesuai apa yang dikatakan akan terlakasan sesuai apa yang di bicarakan dengan mengadakan suatu mujizat-mujizat yang sangat besar di mata banyak orang,tetapi ia tidak sombong terhadap orang orang disekitarnya,maka sikap rasa belas kasihan sangat memiliki dalam diri pribadi-Nya.

maka watak tiga tokoh dalam alkitab ini  sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari,terlebih di kombas,wilayah,bahkah umat gereja Katedral Tiga raja.

Contoh kecil dalam wilayah,maupun kombas,jika kita di pilih sebagai ketua kombas,kita sering tidak menjalankan tugas sesuai amanah yang di berikan sehingga orang mabuk terjadi dimana-mana,bapak-bapak maupun anak-anak tidak terlibat dalam doa-doa yang di adakan dari  kombas dan lain sebagainya.Hal seperti ini adalah salah satu sifat  dari seorang rasul philipus.

Kedua,Kita di pilih sebagai pengurus dalam suatu organisasi,kita di beri waktu untuk bicara panjang lebar menganai apa yang kita rencanakan,dengan nada meyakinkan pendengar serta janji-janji agar orang-orang yang ada di situ lebih percara,tetapi apa yang di bicarakan sendiri tak mengerti,hal ini bagi orang menemukan solusi tetapi bagi dirinya menjatuhkan sehinggga sama dengan toko Rasul Andreas,siapah dia..??

Ketiga,jika di beri suatu kesempatan untuk memimpin suatu kegiatan,apa yang dikatakan sama hal dengan apa yang di bicara kepada orang lain,sehingga nilai kepekaan semakin tinggi bagi orang lain  maupun diri sendiri sehinggga suatu kegiatan yang di jalankan akan sukses,hal ini sama dengan seorang toko Yesus dalam alkitab kali ini.

Maka pesan buat kita semua adalah dari ketiga toko di atas ini mari kita refleksi  kembali yang mana figur yang sama dengan prilaku kehidupan saya sehingga kedepan boleh berjalan sesuai jalan kebenaran.

Jika kita ingin menjadi pemimpin dalam suatu kegiatan,maka terlibatkanlah diri sendiri terlebih dahulu baru akan di ajak ke orang lain seperti kepekaan yesus terhadap beribu-ribu orang.

Jika kita memahami nilai-nilai religius,maka jangan kita tinggal diam tetapi cepat dan tepat ambil solusi  seperti toko rasul Andreas,sehingga dengan cara mengadakan seminar di kalangan kombas atau wilayah maka sendirinya akan terhilang orang mabuk dan hal-hal lain-nya.sehingga terciptalah kedamaian,kerukunan dan kemandirian dalam suatu organisasi atau kombas agar tujuan bersama tercapai.(Anselmus Gobai/KM).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Pilih Mana ??? Tiga Toko Religius