BREAKING NEWS
Search

KDRT di Mimika Tertinggi di Papua, Menteri Yembise Sebut 3 Faktor

Ist@
Timika (KM)---Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di Kabupaten Mimika merupakan jumlah kasus yang tertinggi di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Demikian, hal ini dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise di Ruangan VIP  Bandara Internasional Mozes Kilangin yang dikutip media cetak harian umum  Timika eXpress. Edisi, Rabu, (22/07/15).

Ia berpendapat bahwa, tingginya angka KDRT di Mimika, disebabkan karena adanya 3 faktor utama sebagai pemicunya, diantaranya: pertama, maraknya budaya patriaki (dominasi pria terhadap wanita), kedua, peredaraan miras yang sangat fenomenal, ketiga, faktor prostitusi yang di datangkan dari luar papua.

Hal itu, Yembise menjelaskan, budaya patriaki (dominasi pria terhadap wanita), terutama di Mimika merupakan bagian dari tradisi turun-temurun, dimana para pria selalu merasa diri bahwa penguasaan sepenuhnya terhadap perempuan. Sedangkan, miras adalah pemicu utama banyak kekerasan dalam Rumah tangga,  sementara distribusi dan perdagangan perempuan ke Mimika dan bahkan di Papua lainnya sangat dominan.

“Perdagangan perempuan-perempuan yang didatangkan dari luar akhirnya merusak keluarga-keluarga dari sini terutama dari Sulawesi utara, Surabaya dan malang,” ujarnya.

Maraknya peredaraan wanita malam yang terus didatangkan dari beberapa daerah tersebut, dirinya mengaku, beberapa waktu kedepan akan mengikapi persoalan tersebut secara langsung,”katanya.

“Saya akan mematikan faktor-faktor itu dan saya akan pergi ke Sulawesi Utara bulan depan untuk bertemu dengan Gubernur dan ketua Sinode agar supaya mereka harus memutuskan mata rantai ini dengan mencegah pengiriman Perempuan muda ke Papua, karena itu memicu kekerasan dalam rumah tangga,”jelasnya.

Termasuk di dalamnya pengiriman Miras Lokal yang sudah dicampuri dengan berbagai jenis campuran mematikan (Cap Tikus).

“Kami akan minta Kapolda dan jajarannya untuk menutup peredaraan ini, dan Kementerian kami akan terus memantaunya. Saya akan  berusaha dengan berbagai cara  untuk memperjuangkan dan mengurangi angka kekerasan dalam rumah tangga, ulasnya.

Untuk upaya mengurangi angka tertinggi KDRT tersebut, sebagai kementerian koordinatif ia mengatakan  hanya melakukan langkah koordinasi di mulai dari desa sebagai salah satu aspek yang akan diterapkannya dan lakukan koordinasi dengan kepala-kepala badan seluruh Indonesia, khususnya untuk papua, bersama kepala badan di jayapura, kami akan koordinasi bukan hanya kepala badan, tetapi akan langsung menyentuh ke masyarakat didesa-desa,” tandasnya.

Hal tersebut dikatakan karena mau dan tidak mau kalau sampai diprovinsi, selama ini biasanya stock disitu dan tidak dilanjutkan ke desa. (Agustinus keiya/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KDRT di Mimika Tertinggi di Papua, Menteri Yembise Sebut 3 Faktor