BREAKING NEWS
Search

Tubuh Jiwa Roh Membutuhkan Makanan Baik



Ilustrasi.Foto di ambil di www,Google,Com.Ansel/KM
Oleh : Anselmus Gobai

Di siang hari,saat saya keluar dari kampus,perutku berteriak lapar…lapar…saya mendengar lalu mengabulkan permintaannya sehingga saya ke anggkringan.disamping angkringan saya bertemu dengan saudara Yulius Kudiai sehingga kami dua makan siang bersama-sama.Beberap menit berlalu,Kak Yogibo Marselino Yogi datang menemani untuk makan siang,sehingga sehari menjadi sepuas karena bertemu langsung dengan tatap muka.

Di selah-selah makan siang Aban Marsel menyemangati kepada kami berdua dengan beberapa kata kata motivasi,akan tetapi yang saya sempat menangkap dan terekam dalam benak saya adalah Tubuh,Roh dan jiwa,sangat sekali untuk membutuhkan makanan yang baik seperti kita makan sekarang ini,membaca alkitab, berdoa sambil bekerja,serta berolaraga agar badan kita tetap sehat.

Ada tiga aspek pokok yang terdapat dalam diri kita yakni,Roh, Jiwa, dan Tubuh. Roh adalah bagian yang terdapat dalam  diri kita. Bagian inilah yang mempunyai potensi untuk memahami dan berhubungan dengan Allah pencipta umat manusia .Iman kita kepada Allah selalu berasal dari roh yang membuat diri kita percaya bahwa yesus adalah bapak kita. 

“Tiga  unsur ini dapat dikenal dengan istilah "TRIKHOTOMI".Trikhotomi adalah pandangan bahwa natur manusia terdiri dari tiga bagian, diantaranya, tubuh, jiwa dan roh. Pandangan ini berdasarkan pada pengertian bahwa, Allah menciptakan manusia, dengan memberikan tiga unsur utama di dalam diri manusia yaitu tubuh, jiwa dan roh. Sebagaimana juga dalam pandangan para filsuf Yunani, memandang bahwa tubuh, jiwa dan roh adalah satu kesatuan, yang ada dalam manusia yang hidup.

Tubuh,unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan dipegang yang terdiri dari organ organ dalam maupun luar yang memiliki fungsi dan  cara kerja masing-masing.

Jiwa,unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir, Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.

Roh,prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Allah, yang juga adalah Roh.”http://www.sarapanpagi.org/tubuh-jiwa-dan-roh-vt794.html

Oleh karena itu,tubuh membutuhkan makan yang baik agar tubuh tetap sehat supaya tugas aktifitas selalu berjalan dengan baik  seperti kita pikirkan dan kita rencanankan.

Jiwa juga membutuhkan makan yang baik pula agar pikiran,emosi,perasaan maupun unsure-unsur lahiriah manusia dapat terbentuk secara aman,baik tentram agar manusia bisa berdiri kokoh melawan. jika datang menimpah berbagai tantangan dan godaan dalam hidup manusia,maka makanan yang baik sangat membutuhkan.

Apalagi roh,sangat sekali membutuhkan makan yang baik agar napas yang di berikan tuhan sangat bermanfaat sekali selagi kita hidup,jika tiada di dunia ini maka jiwa dan roh diambil oleh pemiliknya dan tubuh kembali menjadi debu tanah karena kita berasal dan awal mula dari Tanah.KM.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Tubuh Jiwa Roh Membutuhkan Makanan Baik