BREAKING NEWS
Search

PENTINGNYA REKREASI BAGI ANAK DIDIK

Foto: Damianus Muyapa
Oleh:  Damianus Muyapa

 OPINI (KM)--- Manusia mempunyai banyak waktu untuk melakukan segala sesuatu dalam hidup salah satunya adalah Kegiatan yang di lakukan untuk menghibur diri dan mencari untuk memenuhui kebutuhan sehari-hari. Manusia selalu menggunakan energi dalam beraktivitas. Kalau  tidak melakukan sesuatu kegiatan berarti akan   mengalami kejenuhan. Bagi siswa belajar pada setiap hari di sekolah  tentu saja sangat capek dan bosan. Apa lagi ada banyak tugas yang di berikan  oleh guru untuk di kerjakan di dalam  kelas maupun  pekerjaan rumah (PR).

Demikian pula, Orang tua selalu berpikir bahwa anak harus melakukan banyak pekerjaan di rumah dengan tujuan untuk belajar misalnya kasih tugas untuk mencuci piring, mencuci pakaian, menyapu halaman rumah, menjaga anak, dan lain sebagainya, ini sangat bagus karena persiapan waktu dewasa bahkan sampai tua, tetapi kalau tidak memberikan kesempatan untuk beristrahat atau refreshing, tentu saja capek bahkan bosan karena melakukan pekerjaan itu saja pada setiap hari.

Belajar dan bekerja bagi siswa sangat penting dalam hidup. Tetapi juga rekreasi sangat penting sekali.  Karena perkembangan segala sesuatu pada jaman sekarang sangat maju. Ada banyak kota yang membuat tempat-tempat rekreasi. Misalnya membuat kolam renang, membuat tempat wisata di pantai, taman, kebun binatang, tempat mainan, dan lain-lain untuk berekreasi. Karena Pentingnya rekreasi bagi anak didik, maka siswa, guru, orang tua, dan pemerintah bisa melakukan beberapa hal-hal yang tepat seperti:

1.      Siswa Mengatur Waktu
Kenyataan  dalam hidup ini  bahwa siswa-siswi tidak mengatur waktu untuk berekreasi, namun waktu yang kosong hanya untuk bermain dengan teman saja, itu hanya merugikan tenaga dan waktu untuk berpiknik, akhirnya tidak  menambah pengetahuan dan pengembangan diri.

2.      Guru Mengajar dan Mengajak
 Guru mengajar teori-teori sebanyak mungkin sebelum berekreasi di tempat –tempat rekreasi yang ada, kalau sudah menguasai teorinya maka guru mengajak siswa-siswi ke tempat rekreasi untuk mempraktekan apa saja yang sudah di ajarkan oleh guru. Dengan cara mengajak ke kolam renang untuk berenang ini otot-ototnya kuat dan segar, dan lain sebagainya.

3.      Orang Tua Berpartisipasi
  Orang tua jangan selalu sibuk dengan pekerjaan saja, namun harus mengambil kesempatan untuk partisipasi berpiknik ke kolam renang, ke tempat wisata di pantai, dan lain-lain bersama anak didik agar anak didik merasa bahwa ada dukungan orang tua dalam hal berekreasi.

4.      Pemerintah Berkontribusi
     Pemerintah harus melihat dan mempertimbangkan dengan kota-kota yang sudah maju. Dalam hal ini ada tempat-tempat rekreasi. Oleh karena itu, pemerintah harus membangun tempat rekreasi seperti membuat kolam renang, membuat taman, tempat mainan, dan lain-lain. Agar siswa-siswi dapat berekreasi lancar dan bermanfaat dalam hidup.

Dengan demikian, Anak didik harus berekreasi karena berekreasi sangat penting dalam hidup. Tanpa berekreasi itu tidak menambah pengetahuan dan pengembangan diri, oleh karena itu, waktu yang kosong harus mengisi dengan berekreasi. Untuk refreshing dan bisa juga rekreasi mendukung pengembangan diri anak didik.


Penulis adalah Staf Dosen Stie Amor Timika 



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PENTINGNYA REKREASI BAGI ANAK DIDIK