BREAKING NEWS
Search

DAM: Negara Sudah Tak Mampu Selesaikan Pelanggaran HAM di Papua

Sekertaris Dewan Adat Mee (DAM) Kabupaten Dogiyai, Alexander Pakage.
(Foto: DOk/KM)

Dogiyai, (KM)---Sekertaris Umum Dewan Adat Mee (DAM) Kabupaten Dogiyai, Alexander Pakage, menyatakan, pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang selama ini terjadi di atas tanah Papua adalah pelanggaran yang sudah berakar dan berkepanjangan.

Pelanggaran-Pelanggaran itu menjadi bukti bagi Negara. Dan Negara harus bertanggung jawab atas hal itu semuanya. Namun, hingga kini, bila dilihat, Negara sudah tak mampu menyelesaiakan pelanggaran HAM di Papua dengan cara dan bentuk apapun. 

“Meski Negara mengambil langkah dalam bentuk dan model apapun sudah tak bisa. Salah satunya langkah yang diambil bentuk Tim Papua oleh Mentri Koordinator Politik Hukum dan Ham (Menkopolhukam), Luhut Binsar Panjaitan untuk selesaikan pelanggaran HAM, Itu bukti kuno, “kata Pakage, Kepada kabarmapegaa.com, Kamis, (25/06/16).

Kata dia, Tim Papua bentukan Menkopolhukam itu hanya omong kosong. Karena, menurut dia, di dunia ini tidak ada sejarah yang memuat Pelaku yang harus menyelesaikan masalah HAM. 

“Masa pelaku yang ingin selesaikan pelanggaran HAM. Itu Aneh. Lebih  baik tuntaskan pelanggaran HAM diberikan kepada Tim Pencari Fakta pada PBB yang harus datangi ke Papua untuk melihat persolan lalu tuntaskan pelanggaran HAM di Papua,”bebernya.

Sementara Bendahara DAM, Kabupaten Dogiyai, Martinus Pigome, mengatakan sampai saat ini kami OAP terus-menerus menjadi korban.

“Kami sangat kecewa dan tidak terima, apabila masalah itu ditangani oleh pelaku. Karena pihaknya mengaku pelaku yang membuat masalah pelanggaran HAM,”katanya.

Jadi seharusnya, kata  dia, Tim Pencari Faka dari PBB yang harus datangi di Papua guna selesaikan masalah Papua.

“karena dengan tindakan itu, adalah salah satu langkah yang baik untuk tuntaskan pelanggaran Ham di Papua,”tutupnya.

Pewarta     : TP

Editor         : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “DAM: Negara Sudah Tak Mampu Selesaikan Pelanggaran HAM di Papua