BREAKING NEWS
Search

Ke - 4 Tapol Papua Telah dibebaskan Dari LP Manokwari

Fhoto saat jumpah pers dengan ke-4 Tapol Papua,bersama Jubir KNPB Pusat,Bazoka Logo (Kedua dari kanan) Sabtu (03/09)


Manokwari,(KM) --- Tahanan Politik Papua yang telah menjalani 1 tahun 6 bulan, di Lapas Kelas IIB Manokwari, atas nama Alexander Nekenem Cs (Ketua KNPB), Yoram Bocor Magai (Sekjen KNPB), Oten Gombo (Anggota KNPB), dan Narko Murib, baru menghirup udara baru hari ini, Sabtu,(03/09) siang tadi.


Berdasarkan pantauan langsung dilapangan pada momen pembebasan keempat aktivis KNPB Mnukwar, telah dijemput oleh ratusan masa bersama Jubir umum KNPB,Bazoka Logo pun berjalan kaki bersama didalamnya. Dimulai longmarch dari Sekretariat KNPB dan PRD Mnukwar Amban, dengan titik finish di LP,namun ratusan masa aksi penjemputan tersebut dihadang ketat Aparat tepat Lampuh merah,Makalo.Dalam kondisi itu, hasil negosiasi yang dibangun antara pihak parat dengan Korlap, ternyata aparat tidak mengijinkan masa menuju sampai di LP,dan keempat Aktivis diterima di Jalan Raya umum Makalo, tepat di Lampuh Merah itu.


 Ketua KNPB,Alexander Nekenem Cs, yang baru dibebaskan hari ini, ketika ditemui media ini mengatakan, kami bersyukur kepada Tuhan, karena semua terjadi dalam rancangannya.


 “Pertama kami berterima kasih Tuhan, dan terima kasih kepada pihak lapas karena kami punya kesempatan untuk tinggal dilapas dengan keadaan sehat, sekali pun kondisi tubuh kami terggangu, tapi pada dasarnya baik”.


 Lanjutnya, Nekenem menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak advokat.


“kami juga banyak berterima kasih kepada para pengacara yang selama ini setia dalam dengan tulus hati yang bersedia membela kami, walau pun kami tidak memberikan apa-apa untuk mereka, tapi, itu semua Tuhan nanti bias balas”.


Kata dialagi, kami hari ini bebas, tapi, kami hari keluar dari penjara kecil ke penjara besar.Jadi, dikatakanjuga, perjuangan  kami akan diteruskan, karena itu bagian dari hidup kami,katanya.


Dikesempatan yang samajuga, Tapol Papua yang dibebaskan hari ini, Yoram BocorMagai, mengucap syukur kepadaTuhan atas semua anugerahnya.


“Kami bersyukur kepadaTuhan karena, sejak kami ditangkap sejak 20 Mei 2015 hingga hari ini kami baik-baik saja”.


Kata Yoram, penjara itu istana. Jadi, diakatakan, setiap aktivis Papua Merdeka jangan takut untuk masuk penjara.


Karena dirinya menilai penjara adalah tempat untuk belajar teori revolusi, dan diluar itu adalah tempat praktek,katanya.


Jadi, kata Magai, prakteknya itu adalah kami melawan system secara damai dan bermartabat, bukan manusianya,jelasnya.


Kata dia, sampai hari ini pun kami masih belum bebas, kami akan bebas ketika mendapat penentuan nasib sendiri.


Selain itu, Tapol ketiga yang telah dibebaskan, Narko Murib, mengatakan, saya ada untuk papua, berarti akan berjuang sampai Papua Merdeka,katanya.


“Saya ada untuk Papua, saya lahir di Papua, saya besar di Papua, saya akan mati di Papua, maka seni revolusi itu akan ada sampai pembebasan”.


Sementara itu, Jubir KNPB Pusat, Bazoka Logo, menyampaikan ucapan selamat datang kepenjarah besar kepada keempatTapol.


“Selamat datang dari penjarah yang kecil kepenjarah yang besar, dan terima kasih setinggi-tingginya pengabdian Alexander Nekenem bersama kawan-kawan, memperjuangkan kebenaran”.


Kata Logo, penjarah kecil merupahkan tempat dimana dididik para pejuang Papua Merdeka. 


Dikatakanjuga, penjara besar bukan para aktivis saja.Penjara besar adalah rakyat Papua.Dimana nyatanya rakyat Papua, megalami kesusahan, kesulitan, intimidasi, dan terror, disitulah wajah kolonialme NRI nyata diatas tanah papua.


Lanjutnya, penjarah adalah wajah dari Negara colonial republic Indonesia.


Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, kepada kabarmapegaa di Kota Manokwari, Sabtu(03/09/2016) siang, mengatakan, tugas kami pengacara adalah membelah hak-hak mereka.


“Tugas kami pengacara adalah membela hak-hak dasar mereka, dari sisi KUHAP juga dari sisi hak asasi manusia”.


Kata Yan, kalau hubungan mereka punya sisi ideology adalah urusan mereka dan organisasinya karena itu merupahkan pilihan hidup mereka, karena kita masuk sampe kearah itu. Karena itu, urusan KNPB dan diluar sana ULMWP,jelasnya.


Lanjut dia, urusan kami pengacara adalah membelah hak-hak mereka untuk diperlakukan sebagai manusiawi sesuai dengan amanat KUHAP,tutupnya. 

Pewarta :PetrusYatipai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ke - 4 Tapol Papua Telah dibebaskan Dari LP Manokwari