BREAKING NEWS
Search

DISPENMEN Mimika Membuka Pelatihan Penerapan SIM Dapodik 2016

Operator  Tingkat SMA dan SMK Seluruh Kabupaten  Mimika  Mengikuti Pelatihan Dapodik, di Graha Evata Jalan Baru 03/10/2016, (Foto: Andy O/KM)
Timika, (KM)--- Kepala Dinas Pendidikan  Menengah  (DISPENMEN) Kabupaten Mimika Armin Wakerkwa, S.Pd. M.Si, membuka  Pelatihan Sistim dan Informasi  Manajemen (SIM) Pendidikan, dan  Aplikasi  Data Pokok Pedidikan (DAPODIK) 2016  versi b, tahun anggaran 2016.

Kegiatan Petihan SIM Dapodik tersebut, diikuti operator dari  tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh kabupaten Mimika, pada senin, (03/10/2016) di Aulah Graha Evata Jalan baru Kelurahan Kwamki  Distrik Mimika Baru.

Arwin dalam sambutannya mengajak Operator Sekolah SMA Dan SMK  harus mengelolah aplikasi Dapodik dengan baik dan benar, karena Dapodik adalah jantung manajemen sekolah, dan dia juga berharap operator sekolah jangan diganti-ganti, jika diganti-ganti  operator sekolah pasti data manajemen sekolah akan berdampak buruk.

Menurutnya, setiap kepala sekolah jangan membedakan suku agama, dalam dunia pendidikan, karena kita disini tujuan sama untuk mencerdaskan bangsa,"beber Arwin.

“Ia juga mempertegas semua kepala sekolah jangan membuang uang untuk kepentingan pribadi tapi memperatikan kebutuhan sekolah dengan baik,”tegasnya.

Ketua Panitia pelatihan, Fransiscus Kelanit, menjelaskan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 03 Oktober 2016 sampai 05 oktober 2016, sehingga semua operator harus mengikuti untuk mempermuda dalam pengelolahan data sekolah masing-masing SMA dan SMK yang ada di Timika.

Fransiskus juga, membagikan jadwal kegiatan selama tiga hari, dengan materi “ Penyelesaian Data Dapodik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)”, akan disampaikan oleh  narasumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta. selama tiga hari,"katanya.

Dalam kesempatan itu juga Narasumber dari Kemendikbud, Nugara dan Doni Nurhansa, mempaparkan dan memperkenalkan Aplikasi Dapodimen 2016 Versi b, kata Doni, dalam dapodik memiliki entitas data terdiri dari 4 item yaitu, pertama Satuan Pendidikan, kedua data PTK,  ketiga data Peserta Didik (PD), dan keempat Subtansi Pendidikan.

Ia Juga memperkenalkan Karakteristik pada Dapodik, Dapodik memiliki  tiga karakter utama yakni  Sekolah Online yang memiliki fasilitas teknologi Contonya listrik dan Internet, lalu Sekolah Offline  memiliki Listrik tapi belum ada akses Internet dan ketiga Sekolah Tanpa Teknologi belum ada listrik dan akses Internet,” tutur Doni

Doni lagi, sampai kini Dapodik telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, di antaranya penyaluran tunjangan guru, Bantuan Operasional Sekolah, dan Ujian Nasional. Selain oleh Kemendikbud, institusi lain menggunakan Dapodik untuk menunjang program dan kebijakannya antara lain Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dewan Perwakilan Rakyat, dan Unicef.

Menurut dia, penggunaan aplikasi Dapodik sebagai sumber pendataan pokok pendidikan bagi seluruh satuan pendidikan dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang saat ini telah mulai digunakan di seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat tentu diperlukan payung hukum yang mengaturnya secara khusus.

Keberadaan Permendikbud itu sekaligus menegaskan bahwa Dapodik merupakan satu-satunya sumber data yang digunakan oleh Kemendikbud dalam menunjang program, perencanaan, dan kebijakan pendidikan. “Basis data tunggal ini diharapkan menjadi sumber data untuk pengambilan keputusan,” ucap Doni.



Pewarta: Andy Ogobay



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “DISPENMEN Mimika Membuka Pelatihan Penerapan SIM Dapodik 2016