BREAKING NEWS
Search

PM Vanuatu: Negaranya Setuju ULMWP Diterima di MSG

Foto Bersama Pimpinan ULMWP Bersama Pemimpin Vanuatu di Port Vila. (Foto: Hendrik Tobai/KM)

Port Vila, (KM) - Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Saclos Salwa, Mengatakan Negaranya sangat mendukung terhadap persoalan Papua barat.

“Saya sangat senang sekali kedatangan kalian (ULMWP, red) di Vanuatu. dan kami harus berusaha agar Papua barat melalui ULMWP bisa diterima menjadi Full membersip di MSG.”

Pernyataan ini disampaikan saat kabarmapegaa.com bertemu dengan PM Salwa dengang ULMWP dan delegasi dari tiga faksi yakni, PNWP/KNPB TRFPB dan WPNC di kantor Kementrian Vanuatu, Port Vila, Rabu, (21/12/2016) tadi siang. 

Dalam mendukung masalah Papua barat, kata dia, bukan pihaknya yang sendiri mendukung. Namun, seluruh masyarakat Vanuatu dan Gereja Gereja di Vanuatu melalui Al navuky sangat mendukung mendukung agar ULMWP diterima di MSG.

Selain itu, Dewan Komite Exekutif ULMWP, Edison Waromi dalam pertemuan itu, secara resmi menjelaskan situasi di tanah Papua barat kepada Pemerintah Vanuatu. 

Lebih lanjut Edison, menjelaskan saat ini Rakyat Papua barat sedang menunggu, kado natal dari Negara ini terkiat status ULWP.

“Rakyat Papua sedang menunggu dari tahanan pemeriksaan di tanah Papua,”ungkapnya.

Sebelumnya, Edison, menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Vanuatu atas dukungannya soal persoalan West Papua. Juga tujuh Negara yang sudah bicarakan persoalan Papua di Perserikatan Bangsa bangsa (PBB).

Pewarta    : 21/Red/PO/KM

Editor        : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PM Vanuatu: Negaranya Setuju ULMWP Diterima di MSG