BREAKING NEWS
Search

Mahasiswa IPMANAPADODE Surabaya Diskusi Perkembangan Ekonomi



Narasumber Diskusi Perkembangan Ekonbomi Ricky Welerubun Foto : Frans Pigai

SURABAYA,KABAR MAPEGAA.COM --Menghadapi persaingan bebas dalam masyarakat ekonomi Asean (MEA),Mahasiswa papua sebagai generasi penerus harus dituntut untuk cerdas dalam melihat peluang usaha, tidak fokus mencari kerja. Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi IKatan Pelajar Mahasiswa Nabire, Paniai,Deiyai,Dogiyai (IPMANAPADODE ) Kota Study Surabaya  Menggelar diskusi terbuka di Bratajaya, Kamis,(13/04/2017).

Narasumber Ricky Welerubun dalam materinya mengatakan,diskusi ini bertujuan untuk bagaimana kita akan melihat kondisi perkembagan ekonomi keluarga maupun lingkup pasar yang ada Papua Lebih Khususnya wilayah adat meepago untuk menghadapi persaingan masyarakat ekonomi asean.


Kata dia, kita perlu ikuti perkembangan ekonomi di papua sebab,dengan melihat ruang lingkup pasar dan keluarga menjadi tolak ukur dalam persainagan ekonomi.

“Jika kita tidak ikuti perkembanagn ekonomi di meeuwodide, akan terpengaruh pada perekonomian kelurga dan lingkup pasar sekitarnya," katanya.


Lanjutnya,tak ikuti  perkembangan,dampaknya akan berpengaruh pada kearifan lokal.

Ia mencontohkan, kurang pemerintah penjualan noken bagi Mama-mama Papua  selalu berjualan di pinggir jalan.


hal senada diungkapkan  Salmon Tebai,masuknya dunia global akan memengaruhi kehidupan masyarakat setempat dalam hal ekonomi masyarakat.


“Pemerintah daerah setempatnya harus membuka mata kepada pengusaha local untuk melawan sistem perekonomian yang beredar di kalangan masyarakat luas,m,”katanya.

"Pengaruh masuknya perubahan ekonomi baik di lingkup pasar maupun keluarga mengakibatkan dampak negatif, salah satunya harga barang dan pada kesejahteraan masyarakat setempatnya semakin berkurang," ungkapnya.

Menurut Tebay,untuk mendapatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat tergantung pada kebijakan pemerintah terhadap perkembagan dalam ruang lingkup pasar dan keluarga,

Ia pun, Mahasiswa Papua sendiri maupun masyarakat setempat sadar akan pengaruh perkembangan perekonomian diatas tanah papua.mari kita sebagai generasi penerus siapkan diri untuk menghadapi MEA," tutupnya.



Pewarta : Frans Pigai


Editor    : Martinus Pigome



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mahasiswa IPMANAPADODE Surabaya Diskusi Perkembangan Ekonomi