BREAKING NEWS
Search

Mecky Yeimo: Soal Ideologi Papua Mahasiswa Harus Bisa Memahaminya

Saat Aktivis KNPB, Mecky Yeimo memeparkan materi tentang Ideologi Papua kepada Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Paniai (FKMKP) Jayapura Papua, Sabtu, 22 April 2017. (Foto: Yosafat/KM)
JAYAPURA, KABARMAPEGAA--Ideologi adalah kummpulan gagasan ide-ide atau keyakinan orang Papua yang telah, sedang dan akan rasakan kerinduan kebebasan bagi bangsa itu sediri. Hal ini disampaikan oleh Mecky Yeimo, aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) saat seminar sehari yang diselengarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Paniai (FKMKP) kota studi Jayapura Papua, Selasa (22/4/2017) lalu bertempat di Aula SMK Negeri 3 Jayapura, Papua.

Yeimo menjelaskan, hal ini penting untuk kita pahami, apalagi mahasiswa Papua pada umumnya. Ia mengatakan, ada tiga factor mendasar yang mendesak keinginan masyarakat Papua: Hak, Budaya dan latar belakang perjuangan Papua.

“Kembali melihat hak berarti  orang Papua juga  punya hak Penuh untuk mencapai kemauan dan keyakinan orang Papua itu sendiri,” tambanya.

Lanjut Yeimo, jika budaya berarti orang asli Papua punya budaya yang telah melekat dari leluhur nenek moyang kita. “Maka, kini mahasiswa  harus melestarikan budayanya masing-masing sebagai orang Papua,” ajak aktivis Papua ini.

Baca juga: Dana Pembinaan: Natan Uti Kepada FKMKP Jayapura Berikan 10 Juta

Menurutnya, rakyat Papua memiliki sejarah yang jauh  berbeda dengan Indonesia dalam menentang penjajah Beanda-Jepang.

Untuk itu, Yeimo berharap kepada peserta seminar  sebagai mahasiswa, anda harus bisa melihat dan menjaga kemudian menyelamatkan bangsa ini.

Pewarta: Yosafat 
Editor   : Manfred



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mecky Yeimo: Soal Ideologi Papua Mahasiswa Harus Bisa Memahaminya