BREAKING NEWS
Search

Ini Cerita Benny Wenda Tentang Kehidupan Orang Papua

Benny Wenda, Wellington, 10 Mei 2017. Foto: RNZI / Koroi Hawkins
WELLINGTON, KABARMAPEGAA.COM--Papua Barat adalah bagian barat New Guinea, yang dimasukkan ke Indonesia pada tahun 1969 dan telah dibatasi sejak saat itu. Hal ini disampaikan Juru bicara internasional untuk United Liberation Movement for West Papua adalah Benny Wenda kepada Wartawan Radio New Zealand, Rabu, (10/05/2017) belum lama ini. 

Pekan lalu, dia berada di Selandia Baru melobi anggota parlemen untuk mendukung seruan internasional untuk mengembalikan Papua Barat dalam agenda Komite Dekolonisasi PBB.

Sebelas anggota parlemen dari empat partai politik menandatangani deklarasi tersebut, yang menyerukan pemungutan suara penentuan nasib sendiri yang diawasi secara internasional di Papua Barat.

Kisah Wenda sendiri menangkap sesuatu dari tragedi tanah airnya.

Saat ia masih anak-anak, dia mengatakan bahwa dia melihat tanpa daya saat militer Indonesia memperkosa dua bibinya yang remaja dan memukul ibunya yang mencoba melindungi anak-anak perempuan tersebut.

"Saya tidak tahu harus berbuat apa - menangis untuk ibu saya  dan menangis untuk bibi saya, saya tidak tahu apa yang sedang terjadi, Sebagai anak muda, saya tidak dapat melakukan apapun." Ujarnya kepada RNZ.

Dengarkan juga durasi wawancara penuh Benny Wenda di sini Benny Wenda: Papua Barat

Wenda mengatakan bahwa dia adalah pemimpin Papua pertama yang melepaskan diri dari kehidupan Indonesia - dia melarikan diri pada tahun 2003 dan sekarang tinggal di pengasingan di Inggris.

Sementara pemerintah Indonesia saat ini mengaku terbuka terhadap otonomi lebih bagi orang Papua Barat, situasi bagi masyarakat di sana memburuk, kata Wenda.

"Media asing benar-benar dilarang, Amnesty dilarang, penyelamatan dilarang, semua lembaga bantuan internasional dilarang, jadi karena itulah Indonesia lolos dengan impunitas. Indonesia tidak ingin masyarakat internasional mengetahui apa yang sedang terjadi."

Pembunuhan berlanjut, pemenjaraan, pemerkosaan, penyiksaan, diskriminasi, berlanjut hingga hari ini. Dan setiap orang Papua Barat dapat menceritakan kisah mereka sendiri, setiap suku, setiap suku.

"Saya tidak ingin melihat generasi penerus  yang menghadapi situasi ini, saya ingin mengakhirinya," imbuhnya.

Kata Wenda,Wilayah Papua Barat kaya akan emas, minyak, gas dan tembaga, dan Indonesia tergantung pada pendapatan dari sumber daya alam ini.

"Mereka tidak terlalu peduli dengan bangsaku, mereka tidak terlalu peduli dengan hutan, pegunungan, lingkungan kita - mereka peduli bagaimana mereka dapat mengeluarkan sumber daya kita dari luar negeri, dari Papua Barat." Tutup Wenda. (Antara/RNZ/Manfred).

Admin.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ini Cerita Benny Wenda Tentang Kehidupan Orang Papua