BREAKING NEWS
Search

Masyarakat Perlu Memahami Latar Belakang PILKADA di Kab. Maybrat

Foto: Dok, Prib Vebi T/KM
Oleh: Vebi Tutor


OPINI, KABARMAPEGAA.COM – Dalam politik Maybrat tidak ada yang menjadi penonton semua menjadi pemain, terlebih khusus mahasiswa. Selama ini kita mahasiswa yang berperan aktif dalam semua kegiatan politik Maybrat dan fanatik pada masing-masing kandidat. Maka, sebagai Mahasiswa perlu sadar akan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat setempatnya, jangan saling menjatuhkan dan berbelit-belit untuk menanamkan modal pemikiran yang tidak aktual bagi pemerintahan bahkan rakyat setempatnya.

Apakah dengan mengkritik orang dapat membawa perubahan? Apalagi, apa yang kita kritik yang berbau saling menjatuhkan pihak yang satu dengan yang lainnya. Apakah itu yang dapat membuat perubahan di Kabupaten Maybrat? Tapi, itu salah! Hal tersebut, membuat perpecahan yang besar dan saling menyatukan antara kita sendiri karena kurang paham bahkan memang tidak tahu bahwa arah gerak Pilkada.

Bisa saja mengkritik, tapi kita selama ini menjadi seorang penengah agar tidak membawa konflik bagi yang lain. Boleh saja kita mengkritik sebuah masalah tapi, apakah kita sadar kita juga telah memiliki masalah tapi tidak di publikasikan di media sosial, itulah yang sementara terjadi di kalangan pihak kandidat masing-masing.

Harus kritis dalam menyikapi masalah ini. Namun, yang di alami adalah kita sebagai mahasiswa tapi kita salah mengkritik dan sebagai orang Maybrat kita salah memahami politik yang telah terjadi.

Terkhusus buat kita masyarakat Maybrat (Sorong) di mana pun anda berada, mengingat suasana menjelang H-1 PSU Maybrat, untuk menciptakan suasana aman dan kondusif, maka mari kita berikan suport doa dan sumbangsih pemikiran positif bagi penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Maybrat, yang sesuai jadwal Mahkamah Konstitusi (MK) di lakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 1 TPS pada tanggal, 15 Mei 2017 lalu di Kampung Iroh Sohser.

Dengan memberikan dukungan tertentu berupa apresiasi yang kuat entah siapa saja, perlu di lihat dari arah gerak perjuangan pergerakan pembangunan. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan moril kita bagi terselenggaranya pilkada yang bebas, jujur dan rahasia.

Sebab, kita perlu sadari bahwa, suatu kepedulian harus di bangun di tengah kehidupan masyarakat agar mewujudkan tanah leluhur kita dengan kemajuan bagi pengembangan SDM dan SDA bahkan dari segala aspek yang ada. Maka, Bakit, Akut, Kuseme dan Kurano. Nehaf Sau Bonot Sau. Anu Beta Tubat Remo Ranu Maybrat. Siapa pun yang akan terpilih dari keempat kandida ini, KARYA maupun SAKO merekalah yang terbaik utusan A3 untuk memimpin Kabupaten Maybrat karena itulah terbaik bagi masyarakat setempatnya. 

*) Penulis adalah Mahasiswi Universitas Negeri Papua Manokwari

Editor: Frans P/KM



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Masyarakat Perlu Memahami Latar Belakang PILKADA di Kab. Maybrat