BREAKING NEWS
Search

Seni Mengatasi Masalah Dalam Hidup



Foto: Damianus Muyapa

Oleh: Damianus Muyapa
OPINI, (KM)- Manusia selalu menghadapi masalah pada setiap saat baik masalah yang kelihatan maupun tidak kelihatan, masalah besar maupun kecil, Masalah yang sengaja dibuat dari diri sendiri dan ada pula masalah yang sumbernya dari orang lain. Masalah-masalah tersebut terjadi dimana-mana, baik masalah yang terjadi dirumah, di Kantor, di pasar, di sekolah, dan lain sebagainya.

Masalah-masalah yang menghadapi oleh manusia dalam hidup pada setiap saat ini tidak lain adalah masalah ekonomi, masalah  ini selalu ada terus dalam hidup sehari-hari, oleh karena itu, manusia sangat membutuhkan sandang, pangan, dan papan, ketiga kebutuhan ini sangat berkaitan satu dengan yang lain maka diantara ketiga kebutuhan ini  salah satunya ada kekurangan bahkan tidak ada dalam hidup, maka manusia mengalami kesulitan untuk mempertahankan hidup. Seni Mengatasi masalah menurut pandangan penulis: 

1.        1. Masalah Ekonomi
Ekonomi adalah Masalah Kebutuhan. Kebutuhan primer dan tambahan. Keduanya tidak bisa di pisahkan dalam hidup. Salah satu contoh konkrit yang selalu ada dalam kehidupan manusia bahwa manusia mau hidup sejahtera atau manusia mau hidup tanpa kekurangan,  semua kebutuhan serba ada dalam hidup. misalnya manusia sudah di miliki rumah yang mewah, tetapi manusia merasa tidak puas dalam hidup. Ketidakpuasaan dalam hidup ini sebagai salah satu hal yang mendatangkan kesulitan bagi manusia, hidup tidak ada ketenangan, ketidaknyamanan, kekhwatiran, ketakutan, dan lain sebagainya. Ini sebabnya dari masalah ekonomi yang terjadi dalam hidup.

2. Masalah Sosial
Masalah sosial, kadang-kadang manusia bersifat tertutup, bahkan manusia tidak terbuka diri sama sekali atau egois terhadap orang lain, pada hal manusia hidup ini selalu ada ketergantungan satu sama yang lain atau dengan kata lain manusia dapat melengkapi kebutuhan-kebutuhan itu dari orang lain, sehingga kesulitan sosial dengan orang lain tetap ada terus dalam diri pribadinya.

3.  Masalah Pendidikan
Kesulitan lain yang sering mengalami oleh manusia adalah masalah pendidikan, kesulitan ini ada karena manusia kurang adanya niat untuk belajar  dan masih belum ada berkomitmen untuk menekuni bidang pendidikan pada setiap hari, ini bisa terjadi karena pengaruh lingkungannya, dan masalah politik ini selalu saja ada di mana-mana baik politik dalam keluarga, tetangga, teman dengan teman, dan lainya sebagainya, akhirnya hidup ada kacau balau atau tidak hidup baik. Dengan adanya masalah-masalah tersebut ini dalam hidup bagi manusia pada masa sekarang maka manusia ada yang kestressan, kebimbangan, kepusingan, kepenyakitan, dan lain sebagainya.
4. Masalah Budaya
Budaya adalah tradisi atau kebiasaan seseorang pada suatu  daerah. Setiap daerah mempunyai budaya yang lain-lain, apa bila ada orang hidup di suatu daerah hidup budaya yang berbeda sering kali susah untuk menyesuaikan dalam hidup. Karena masih mempertahankan budayanya sendiri. Itu yang terjadi untuk mengatasi semua masalah-masalah tersebut diatas ini yang sering menghadapi dalam hidup bagi manusia ini, ada banyak cara yang harus melakukan dan memiliki dalam diri pribadinya, Manusia harus mengevaluasi diri atas masalah yang ada dalam diri pribadi itu, masalah mana yang mencari masalah sendiri dan masalah mana yang  datang atau dengan kata lain dari orang lain yang dapat dipengaruhui diri pribadi baik dari teman, saudara, tetangga, keluarga, dan lain sebagainya.

Masalah ada terus dan tidaknya tergantung dari diri pribadi, apa bila ada masalah harus menerima dengan senang hati, dan “semangat” dalam diri pribadi, semangat ini bukan masalah  yang ada sama manusia dapat mempertahankan terus dalam hidup namun “semangat” ini untuk mengatasi masalah yang ada dalam pribadi itu, atau masalah ditinggalkan dari diri pribadi, “semangat” ini adalah sebuah kata sifat yang tidak kelihatan (abstract), orang menilai kepada orang lain yang memiliki sifat “semangat” dalam dirinya, orang hanya tahu dari gerak-gerik wajah, dan seluruh badan lainnya karena “semangat” itu berkaitan dengan jiwanya. 

Dalam kehidupan manusia selalu ada kata senang hati dan “semangat” tetapi banyak orang tidak di manfaatkan senang hati dan “semangat” itu ketika menghadapi masalah, ada masalah kadang-kadang senang hati dan “semangat” hanya sedikit saja bahkan tidak ada  senang hati dan “semangat” sama sekali, malahan langsung putus asa, mundur atau di tinggalkan atas masalah tersebut dan masalah tetap bertumbuh dalam hidup akhirnya masalah menjadi besar dan bisa berbahaya bagi diri sendiri, keluarga, tetangga, masyarakat, dan lain sebagainya. oleh sebab itu, Manusia harus senang hati dan semangat ketika ada masalah dalam hidup, masalah menerima dengan senang hati, dan semangat mencari akar masalah untuk menyelesaikannya, karena senang hati dan semangat itu cara yang paling akurat mengatasi masalah, tanpa senang hati dan semangat maka masalah tidak bisa terselesaikan, istilahnya “ada semangat pasti ada solusi”.

Penulis adalah Staf Dosen Politeknik Amamapare Timika



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Seni Mengatasi Masalah Dalam Hidup