BREAKING NEWS
Search

Mahasiswa Papua di Yogya Nyatakan Pemprov Gagal Memanajemen Keuangan Dana Otsus

Otonomi Khusus (Otsus) di Papua Gagal.(Foto: Ist/KM)
Jayapura, (KM)---Mahasiswa dan Mahasiswa yang sedang berstudi di Yogyakarta menyatakan, pemerintah Provinsi Papua (Pemprov) telah gagal memanajemen keuangan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sekitar 16 tahun sudah bergulir di Papua. Hal itu, dikatakan karena Pemprov, melalui Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyatakan Otsus akan dikembalikan Jakarta (Negara).

Presiden Mahasiswa Papua, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Aris Yeimo, mengatakan, menyangkut pengembalian dana Otsus kepada Jakarta, menurutnya, entah mau kasih kembali atau tidaknya, terserah pada Pemprov,”jelasnya.

“karena kami tidak punya stekmen menyatakan mendukung Otsus untuk dikembalikan. Jadi terserah mau dikembalikan dan tidaknya. Tapi, intinya yang menjadi catatan penting ialah Pemprov sudah gagal memanajemen keuangan kas daerah,”kata PRESMA Papua DIY, Aris Yeimo, kepada kabarmapegaa.com, Minggu, (21/02) melalui Via Telefon.

Kata dia, kami (mahasiswa/I, Red) hanya akan mendegarkan dan menerima, bagaimana dana Otsus itu, apakah mensejehterakan masyarakat atau tidak. Apabilan dikembalikan,”katanya.

“karena selama ini, meski dana Otsus sudah bergulir selama 16 tahun di Papua tidak juga mengahasilkan kedamaian, keadilan dan kesejahteraan. Apalagi kalau mau dikembalikan,”Tanyanya dengan sedih.

Tapi, menurutnya, entah mau kembalikan dan tidaknya, terserah saja. Yang penting kebijakan yang diambil membantu rakyat Papua,”bebernya.

Selain itu, kata yeimo, Pemerintah Provinsi harus menyiapkan atau mengupayakan satu program baru kepada masyarakat Papua untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),”jelasnya.

“karena orang Papua akan hambat menghadapi pertumbuhan dan perkembangan Ekonomi Asen di tahun 2016 dan di tahun-tahun yang akan datang terhadap suku bangsa di dunia,”pungkasnya.

Sekertaris Mahasiswa Papua di DIY, Ruben. C Frasa, menyatakan, sangat mendukung dengan pernyataan sikap Gubernur Papua untuk mengembalikan Otonomi Khusu (Otsus) kepada Jakarta,”jelasnya.

“karena selama ini, adanya Otsus sudah gagal mensejahterakan rakyat Papua.  Dari berbagai sektor, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi dll,”bebernya.

Ia berharap, Otsus harus dikembalikan saja kepada Jakarta,”harapnya.

(Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mahasiswa Papua di Yogya Nyatakan Pemprov Gagal Memanajemen Keuangan Dana Otsus