BREAKING NEWS
Search

Mahasiswa/I Uncen, Dukung Pernyataan Gubernur Papua Otsus Dikembalikan

Ketua Bem Uncen, Doni Gobai (Kanan), Ketua MPM Uncen, Pontius Omaldoman, (sebelahnya) dan Wakil Bem Uncen Benyamin (Sebelehanya MPM). (Foto: Alexander Gobai/KM)
Jayapura, (KM)---Mahasiswa dan Mahasiswa Universitas Cendrawasih (Uncen), Papua pada umumnya sangat mendukung pernyataan Gubernur Provinsi papua, Lukas Enembe menyangkut pengembalian dana Otonomi Khusus (Ostus) kepada Jakarta (Negara).

Ketua  Badan Eksekutif Mahasiswa, Universitas Cendrawasih (Bem Uncen), Papua, Doni Donatus Gobai, mengatakan, kami mahasiswa Universitas Cendrawasih (Uncen) sangat mendukung Otsus dikembalikan kepada Jakarta atas pernyataan Gubernur Prov. Papua.

“karena sebenarnya dana Otsus yang diberikan dari pemerintah Pusat, tidak sebanding dengan dana yang dihasilkan dari kekayaan alam Papua,”kata Bem Uncen, Doni Donatus Gobai, Kepada kabarmapegaa.com, Minggu (21/02) melalui Via SMS.

Kata Gobai, sebenarnya pemerintah Pusat keliru dengan diberikan Otsus, yang kira-kira 16 tahun sudah ada di Papua. Tapi tidak memberikan kesejahteraan bagi orang Papua,”jelasnya.

“karena yang terpenting dari Otsus ialah regulasinya dan hanya memberikan dana. Padahal Hasilnya untuk rakyat Papua tidak ada,”bebernya.

Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Universitas Cendrawasih (MPM Uncen), Papua, Pontius Omaldoman, juga senada, mengatakan, kami (Mahasiswa Uncen, red) sangat mendukung penuh atas kebijakan Gubernur papua, Lukas Enembe,”tuturnya.

“sebab, menurut padangan mahasiswa adanya Otsus di Papua hanya ibarat selimut membungkus yang menyembunyikan seluruh kejahatan di atas bumi emas. Juga ibarat pisau bermata dua yang dimainkan oleh Negara,”katanya tegas.

Lanjutnya, “kami juga mengakui atas stekmen Kempolhukam yang menyatakan bahwa Gubernur Papua jangan macam-macam dengan Pemerintah Pusat,”ungkapnya.

Hal itu, kata dia, pantas dilontarkan atas ketidakmampuan menuntaskan HAM di Papua,”bebernya.

“Otsus sudah gagal mendamaikan orang Papua. Jakarta stop mengancam dan memandang orang Papua miskin dan tidak mampu,”pungkasnya.

“karena justru adanya Ostus mengancam orang Papua dari berbagai sudut,”tegasnya.

Selain itu, Ketua MPM Uncen menambahkan, kembalikan PT. Freeport dan Smelter  kepada mereka yang milik warga Papua,”pintahnya.

Lanjutnya, kami tidak meminta dan mendesak Presiden PT. Freeport ialah OAP dan memperpanjang Otsus. Kami inginkan kembalikan Otsus yang tidak bermakna bagi masyarakat Papua,”tutupnya.

(Alexander Gobai/KM)




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mahasiswa/I Uncen, Dukung Pernyataan Gubernur Papua Otsus Dikembalikan