BREAKING NEWS
Search

Menuju Ke DPRP: Aparat Kepolisian Tolak Aksi Mahasiswa Uncen Menolak Kedatangan Menkoplhukam Ke Papua

Pembacaan Keterangan Pernyataan Sikap Aksi Menolak Kedatangan Menkopolhukam Ke Papua
di Depan Gapura Uncen Atas, Jayapura, Papua Dari Mahasiswa Uncen, Papua
(Foto: Alexander Gobai/KM)
Jayapura, (KM)---rencana kedatangan Menkopolhukam ke Papua, mendapatkan aksi protes dari sejumlah aktivis mahasiswa di kota Jayapura, Papua, Rabu, (23/03/16), di Gapura Uncen Atas, Jayapura, Papua.

Berjalannya aksi itu dimulai pada pukul: 09.00 waktu Papua. Sementara berjalan aksi itu, dihadang atau ditolak oleh Aparat Keamanan. Akibat, tidak melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Rute aksi menuju ke DPRP pada surat izin yang diberikan kepada pihak Kepolisian. 

“kami sudah negosiasi dan kami sudah sampaikan bahwa aksi kami damai. Tetapi, polisi bersikap seolah-olah surat yang diberikan tidak tepat. Dan sebenarnya, mereka tidak perlu membawa alat Negara (senjata,red) dalam aksi damai kami,”kata Kordinator Lapangan (Korlap), Aksi Mahasiswa Uncen, Samuel Womsiwor, kepada wartawan.

Menurutnya, pasal 11 UUD No. 9 Tahun 1998, itu tidak tercantum bahwa harus lampirkan KTP dalam kegiatan aks apapun,”bebernya.

Kedua, diminta rute  aksi dari kepolisian, kata dia, yah sudah jelas, bahwa rute aksi kami, di mulai dari titik kumpul di kampus Uncen Abepura dan Waena lalu tujuan ke DPRP,”ungkapnya. 

“lalu selanjutnya bagaimana kerja polisi untuk mengawal masa aksi ke DPRP,”tegas Samuel.

Tambahnya, pasal 8 UU No. 16 tahun 2006, itu dikatakan polisi punya tugas untu kawal masa aksi,”katanya.

“sedangkan hari ini, nyatanya, polisi menghalang kita (masa aksi,red). Sehingga hal ini, menurutnya, mereka (polisi,red) terkesan untuk melanggar UU yang berlaku,”tegas Korlap aksi.

Jadi, pada intinya, kata dia, kami akan terus mengawal bahwa Menkoplhukam tidak boleh datang ke Papua,”katanya.

Kata dia, dengan cara apapun kami akan membuat afek jarak dengan Polisi,”ungkapnya.

“karena, hari ini bukti pembungkaman demokrasi di tanah Papua. Ini salah satu  buktinya,”katanya.

Selain itu, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Fisip Uncen, Papua, Gerson Miram, mengatakan, kami merasa kesal dengan tindakan kepolisian,”katanya.

“kenapa polisi tidak memfasilitasi untuk mengawal kami ke DPRP.  Tetapi, mereka (Polisi, red) menolak. Hal ini yang dilakukan, tidak ada aturan yang jelas berdasarkan UU, “tegasnya.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan kepolisian hari ini sudah terbukti bahwa pembungkaman demokrasi di atas tanah Papua. Ini salah satunya,”bebernya.

“karena kami sudah melakukan syarat dalam UU sebagai suara demokrasi untuk mengepresikan soal masalah kita,”ungkapnya.

 (Alexander Gobai/KM)






nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Menuju Ke DPRP: Aparat Kepolisian Tolak Aksi Mahasiswa Uncen Menolak Kedatangan Menkoplhukam Ke Papua