BREAKING NEWS
Search

Hidup Mandiri Semangat Bekerja



Noak Yogi (Foto Sampul FB pribadi,KM).

Oleh : Noak Yogi 

Motivasi,(KM)--“Hidup saya tanpa orang tua ,semangat kerja membuat diri seakan-akan ada orang tua”.

Karakter jiwa anak mudah yang satu ini,semenjak dikenal dari masa kecil hingga dewasa,fisiknya sangat kuat.energi melebihi tiga orang,Ia mampu bekerja dalam hal apa saja.sejak kecil Ia hidup mandiri,tinggal dengan orang lain.takut tidak dapat makan atau takut di usir sehingga Ia memelihara kehidupan dengan hati-hati sambil bekerja dan bekerja.

Bekerja memasak dan mencari makanan ternak.Tempat pengambilan makanan ternak tidak dekat yang diharapkan,perjalanan beribuh kila melewati gunung lembah dan Desa.kesetiaan membuat diri kuat menghadapi kehidupan.

Setelah pulang sekolah,Ia tidak tinggal diam,bergarak dan berjalan kaki ke gunung untuk mencari kayu bakar demi masak makanan malam.jiwa dan semangat membuat perjalanan yang jauh terasa semakin dekat.kayu yang basah terkena lumut dan air hujan,jika di lihat dan di angkat terasa berat dan tak berdaya,tetapi semangat yang tak patah rela membuat ringan dan mudah dipukul.

Bukan dalan hal ini saja,Ia juga mampu memasak makan malam ataupun lainnya.Ia menunjukan bahwa saya bisa dan mampu menghadapi dan mencoba semua hal.hari pertama yang tak enak rasanya membuat diri semakin berjuang dan mempelajari gaya masak Ibu angkat.Tak lama kemudian,hal masak menjadi kebiasaan dalam keseharian,tak enak rasa di mulut menjadi terasa di mulut berbagai rasa enak.Ibu angkat menilai semangat dan gaya hidupnya dipandang menjadi anak nomor satu.

Ia beragama kristen katolik,selalu terlibat dan mengambil  bagian dalam tugas Gereja.salah satunya sering menjadi putra Altar (Mistinar).Ia juga terlibat dalam anak sekolah minggu.selalu berlati dan nyanyi lagu-lagu bersama pembina.

Ia selalu bersyukur dan berterimakasih kepada Allah atas semua kekuatan dan semangat yang di miliki dalam dirinya,dan Ia berkata Saya tanpa engkau hidup tidak tahu kemana saya melangkah??.

Dalam berbagai kegiatan rutinitas hidup,semangat yang tinggi membuat apapun finis sesuai apa yang di pikirkan.sifat yang dimiliki jiwa mudah pantang merah itu,membuat hidup selalu mengikuti arus sesuai jalur hidup.

Orang menilai diri yang mudah membagi cerita lelucuhan tak tahu kerja dan tak mampu,tetapi terasa dihati-Nya mampu dan bisa tetapi diterima dengan hati yang terbuka.

Jiwa membangun hidup mandiri akan dan terus berlanjut hingga hayat hidup,maka itu semangatnya membuat banyak orang ikut dan terus mencoba belajar dari pengalaman pengamalan hidup orang-orang sukses dan pengalaman hidup cerita ini.

Semoga pengalaman hidupnya mejadi bekal bagi kita untuk mempelajari gaya semangat  hidupnya.dan pengalaman hidup satu ini,membuat diri kita sangat bermanfaat buat kita semua untuk memaknai hidup ini,selamat berjuang,(KM).

Editor :Anselmus Gobai

Penulis adalah Mahasiswa Papua Kuliah di Jayapura.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Hidup Mandiri Semangat Bekerja