BREAKING NEWS
Search

Rakyat Papua Turun Jalan Dukung ULMWP Agar Masuk Sebagai Anggota Penuh di MSG

Aksi Masa Tebarkan spanduk We Suport ULMWP For Full Member MSG, Rabu, (13/04/16).
(Foto: Yosafat Mai Muyapa/KM)

Jayapura, (KM)---Seluruh rakyat Papua yang berada di Kota Jayapura, Papua yang di mediasi dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat  melakukan turun jalan aksi demo damai, Rabu, (13/04/16).

Aksi itu, bertujuan demi mendukung dan sport United Liberation Movement For West Papua (ULMWP)  agar Papua masuk sebagai anggota Penuh di Melanesia Spreehead Group (MSG).

Aksi itu dimulai pada  pukul 8.00. Dan dilaksanakan aksi itu di masing-masing titik. Ada yang di terminal Expo, Perumnas III Waene dan Lingkaran Abepura. 

Titk nol yang dituju di kantor DPRP Papua. Namun, ditolak karena alasan surat izin. Dikatakan, tidak ada koordinasi dengan pihak koordinator lapangan aksi. Hingga akhirnya dilakukan aksi gabungan di belakang Sekertariat BEM Uncen, Waena, Papua.

Koordinator Lapangan (Korlap), Agus Kosay, dalam orasinya, mengatakan, negara Kolonial sudah bertahun-tahun melakukan tindakan-tindakan kekerasan di tanah Papua. Itu bukan cara memanusiawikan manusia. Jika dilakukan begitu, negara dianggap sudah gagal dan kebuktian itu menjadikan Papua bebas di atas tanah Papua.

“dengan melihat berbagai kekerasan itu, mencerminkan bahwa Negara sudah  memberikan kebebebasan bagi orang Papua agar berdiri diatas tanahnya sendiri,”katanya.

Lanjutnya, dengan melakukan aksi ini bertujuan untuk mendukung dan mensport ULMWP agar Papua masuk sebagai anggota  penuh di MSG.

“Kami  sangat mendukung itu, agar Papua lepas dari penjajahan di atas jajahan kolonial ini,”tegasnya.

Selain itu, dinilai kunjungan Menkopolhukam, Luhut di pasifik hanyalah seremonial.

“kami menganggap tindakan kunjungan tuan Luhut di tanah Papua sudah sangat melanggar kode etik harkat dan martabat OAP yang berada di Papua, yang pernah berkata “Ras Melanesia silahkan pulang dari tanah Papua,”ungkapnya.

Lanjutnya, berbicara masalah ras. Berarti ras yang ada di tanah Papua sebagai anak negeri adalah ras Melanesia, bukan Melayu. Jika dianggap itu sebagai Melayu, silahkan angkat kaki dari tanah Papua.

“karena tanah Papua adalah tanah miliki ras Melanesia bukan ras Melayu,”tuturnya balik pernyataan dari Menkopolhukan, Luhut dari Jakarta.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat, Tuan Viktor Yeimo, mengatakan, aksi ini betujuan mendukung ULMWP agar Papua masuk sebagai anggota penuh di MSG.

“Kami berharap supaya pertemuan pemimpin Melanesia yang akan berlangsung minggu kedua bulan Mei dapat menerima aplikasi ULMWP untuk anggota penuh di MSG,”harapnya.

Kedua kami menolak upaya melanesia Indonesia yang dibentuk oleh Jakarta yang justru tidak representatif. Karena mereka tidak mewakili indentitas rakyta Papua. 

Lanjutnya, Teretori Papua sudah jelas, dari sorong sampai merauke. Maka, kami tidak ada hubungan politik bersama-saman dengan saudara-saudara kami yang melanesia dan polonesia yang ada di di Wilaya lain.

“Oleh karena itu, identitas politik di Papua harus didaftarakan penuh di anggota MSG pada bulan Mei,”ungkapnya.

Selain itu, dengan adanya tim pencarian fakta versi Jakarta yang ditugaskan kepada First Ramendei dan kawan-kawannya, kami sangat menolak. Dan tentunya, kami tidak akan memberikan data satupun kepada tim pencarian fakta itu,”jelasnya.

Ia berharapa, kampanye kami dalam mendukung ULMWP  agar Papua masuk sebagai anggota penuh di MSG. Agar didengar di dunia Internasional,”tutupnya.

(Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Rakyat Papua Turun Jalan Dukung ULMWP Agar Masuk Sebagai Anggota Penuh di MSG