BREAKING NEWS
Search

KNPB Gorontalo Mendesak Polda Sulut, Bebaskan Empat Aktivis di Tahanan Polresta Manado

Usai menyusung pernyataan sikap Komite Nsional Papua Barat (KNPB) Konsulat Wilayah Gorontalo.(Foto: Etinus Pigome/KM)

Yogyakarta, (KM)--Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Konsulat Wilayah Gorontalo mendesak kepada Polda Sulawesi Utara (Sulut) untuk segera bebaskan empat aktivis KNPB yang masih ditahan.  Polresta Manado ancamkan Pasal makar 160.

Tulis, KNPB Wilayah Gorontalo dalam pernyataan sikap yang diterima media ini, Senin, (23/01/2017) bahwa, keempat  Aktivis KNPB ditahan  pada tanggal pada tanggal 19 desember 2016 lalu itu Saat bersiap-siap melakukan aksi di halaman asrama Papua dengan agenda menolak Tri Komando Rakyat (Trikora), dan mendukung penuh United Liberation Movement West Papua (ULMWP) menjadi anggota penuh dalam wadah Melanesia Speard Group (MSG).

Saat itu, terjadi penagkapan terhadp KNPB Gorontalo sebanyak 75 massa aksi. Mereka dikepuang oleh inteljen dan polisi kemudian langsung membubarkan paksa masa aksi dan melakukan pemukulan kepada massa aksi lalu diamankan ke Polresta Menado.

Dari mereka yang ditangkat, sedikitnya empat aktivis KNPB dikenakan Pasal makar, diantaranya: Hiskia Meage, Emanuel Ukago (Ketua KNPB Wilayah Gorontalo), Panus Hesegem (Aktivis KNPB Wilayah Manado) dan William Wim (Aktivis KNPB Wilayah Manado).

Polresta Manado ancamkan pasal makar 160 kepada empat aktivis KNPB, dinilai tidak wajar dikenahkan. 

“Karena mereka belum melakukan penghusutan dan pendiskrinasikan kepada pihak keamanan maupun masyarakat setempat,” tulis KNPB Wilayah Gorontalo 

Berikut adalah pernyataan sikap KNPB Wilayah Gorontalo:

  1. Bahwa pasal makar yang di kenahkan ke empat aktivis komite nasional papua barat manado dan Gorontalo ini tidak serius dikenahkan karena mereka belum melakukan pendikriminasi dan penghusutan terhadap pihak keamanan.
  2. Karena mereka sementara bersiap siap-siap menyampaikan pendapat di muka umum di halaman asrama kemudian inteljen polresta manado datang tangkap secara brutual. 
  3. Karena mereka membuka ruang demokrasi untuk penyampaikan pendapat sesuai dengan UUD pasal ...bukan hal baru yang mereka buat. 

Oleh karena itu segera bebaskan ke empat aktivis komite nasional papaua barat manado dan Gorontalo yang diancamkan pasal makar itu.

Demikian Pernyataan sikap yang diterima media ini.

Liputor: Manfred/KM





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KNPB Gorontalo Mendesak Polda Sulut, Bebaskan Empat Aktivis di Tahanan Polresta Manado