BREAKING NEWS
Search

Sekjen SWAMEMO John Kobepa, Mengajak Jaga Lingkungan

Sekjen LPMA SWAMEMO, Jhon Kobepa, (Foto: Demianus B/KM)
Nabire (KM)-- John Kobepa, Sekertaris Jendral (Sekjen) Lembaga Pengembangan Masyarakat Adat suku Walani, Mee dan Moni (LPMA SWAMEMO) mengajak kepada pihak pemerintah Daerah (PEMDA) wilayah meepagoo dan masyarakat paniai pada umumnya untuk menjaga dan melindungi lingkungan dan alam untuk tanggung jawab bersama.

"Kita jangan takut membelah demi keselamatan manusia dan lingkungan alam yang sedang kita menikmati, seperti berkebun, di danau, kali, gunung dan alam sekitar kita, yang kita tinggal itu harus kami jaga baik dan di lestarikan bersama,"ujar Jhon Kobepa, minggu (01/22/2017).


Kata dia, "Kita sebagai makhluk yang mulia di ciptaan Tuhan, shingga  ada tugas utama manusia untuk melestarikan dan memelihara lingkungan termasuk mengelolah lingkungan dan melestarikan kebutuhan manusia,"ungkapnya.


Menurut dia, salah satu yang kita lihat lingkungan Degeuwo di tempat pendulangan emas ilegal, akibat dari pengusaha ilegal Degeuwo membuat lingkungan sudah hancur jadi pencemaran tidak digunakan akibat kerusakan lingkungan membuat  air jadi kotor tak dapat di gunakan sebagai kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia.


"Hingga saat ini  Pemda Paniai belum tanggapi serius, dia juga minta instansi yang berwewenang perlu melihat lingkungan sesuai dengan bidang  perlu di jaga secara baik pula,"bebernya.


Lanjut dia, kami lihat akibat dari pembangunan daerah yang tidak adil membuat semua lingkungan tidak indah di jalan di gunung di lembah semua hancur total, dia juga pesan,kita harus melihat alam itu mana yang alam keramat, mana yang tempat umum dan mana yang tempat khusus hal hal itu perlu mempertimbangkan.


"Kobepa juga berpesan pada pemerintah khusunya Pembangunan wilayah meepago yang sedang membangun pembangunan utama dan teruma adalah lingkungan harus lindungi, dan di lakukan reboisasi lingkungan atau penghijauhan kembali di perhatikan untuk menjadi bermaanfaat kita semua sebagai aset kesulungan anak-anak wilayah meepago sekarang dan masa akan datang,"pesanya


Liputor: Demianus Bunai
Editor: Andy-Go



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sekjen SWAMEMO John Kobepa, Mengajak Jaga Lingkungan