BREAKING NEWS
Search

TNI Siap Bentuk Armada III di Papua, Komnas HAM Nilai Pendirian Kodam tidak Masuk Akal

Natalius Pigai anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (kiri).Panglima TNI Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo  (Kanan).


Yogyakarta, (KM)--Terkait Pendirian Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari di Manokwari, Provinsi Papua Barat guna  penyebaran pasukan dan pembangunan pangkalan militer, ditanggapi oleh Natalius Pigai anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Rencana  TNI untuk   bentuk Armada Ketiga di Papua dinilai tidak masuk akal. Sebab, menurut Pigai, seperti yang diporkan oleh REPUBLIKA.CO   Papua Barat bukanlah wilayah yang dipenuhi konflik maupun wilayah perbatasan.

Hal ini ditanggapi Natalis setelah Panglima TNI Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo mengungkapkan, dalam penyebaran pasukan TNI tersebut, maka akan dibentuk sejumlah Kodam baru dan Armada baru. Sebelumnya, TNI memang telah membentuk Kodam baru di Papua Barat. Selain itu, di matra Angkatan Laut, akan dibentuk Armada baru.

Lanjut, Panglima TNI Jendral Gatot ''Dalam penyebaran pasukan TNI, akan dibentuk Kodam baru dan Armada baru. Saat ini TNI hanya berorientasi pada Armada Timur saja, sehingga perlu dibentuk Armada baru yang direncanakan berada di wilayah Papua,'' ujar Panglima TNI kepada REPUBLIKA.CO.

Natalius Pigai menilai pendirian Kodam di Manokwari, Provinsi Papua Barat, sangat tidak masuk akal. Menurutnya Papua Barat bukanlah wilayah yang dipenuhi konflik maupun wilayah perbatasan.

"Berdirinya Kodam itu sangat tidak masuk akal. Papua Barat provinsinya kecil, dan tidak terlalu banyak konflik," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (18/1).

Lebih lanjut, Natalius,  juga mengatakan pendirian Kodam tersebut sebetulnya tidak dibutuhkan warga Papua Barat. Dia pun meyakini hampir 90 persen warga Papua Barat menolak berdirinya Kodam di wilayahnya. Karena sebenarnya, yang mereka butuh yaitu berkurangnya diskriminasi penduduk asli Papua, dan juga berkurangnya kekerasan serta pelanggaran HAM di sana.

Liputor: Manfred/KM




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “TNI Siap Bentuk Armada III di Papua, Komnas HAM Nilai Pendirian Kodam tidak Masuk Akal