BREAKING NEWS
Search

Perpustakaan Daerah Prov. Papua Jayapura Jadi Sepi, Anak Adat Papua dimana dan kemana saja…!



Ilustrasi@ Google.com
Jayapura, KABAR MAPEGAA—hari demi hari beganti minggu demi minggu berlalu, rasanya badan semakin kurus umur pun semakin bertambah.  Inilah hidup yang sebenarnya. 

Begitulah ceritanya.

Pada dua minggu lalu, saya turut berduka karena melihat masa depan bangsa akan semakin tidak cemerlang. Malah bangsa semakin kaya akan sesuatu yang baru melainkan yang sudah ada terlebih dahulu namun tidak dimanfaatkan.

Sungguh disayangkan, rasa duku itu menimbulkan kesakitan batin. Karena persoalan anak adat papua terutama anak adat, pelajar dan mahasiswa tidak juga datang pada rumah yang sudah disediakan. Untuk bergumul dan bercerita dengan dia. Dia selalu menunggu kedatangan anak adat. Ingin melihat dia duduk selama 2 jam di rumahnya.

Air mata yang tadinya tidak bisa keluar, kini telah menetas. Bukan karena sedih atas persoalan orangnya. Tetapi gedung dan minat orangnya yang tidak dibiasakan. Akar persoalannya ialah kurang minat membaca di gedung perpusataakan daerah jayapura Prov. Papua.

Selama saya duduk disitu, sebagian mahasiswa yang datang mengunjungi. Tetapi bisa dihitung dengan jari. Dan yang datang pun bukan dari anak adat tetapi teman-teman pendatang. Sangat disayangkan sekali.

Ketika melihat buku di gedung itu, membuka sebuah cakrawala untuk berpikir positif dan berpikir jauh lebih baik. Membangun pola pikir yang sehat serta menambah gaya berbicara yang kondusif.

Saya bangga punya gedung itu, bangga karena bukunya banyak. Dan lebih baik saya habiskan waktu dan hidup saya di gedung itu saja (pikir dalam lubuk hat). Karena saya kesitu tidak membeli buku dan hal-hal lain. Dan saya merasa buku lama sangat baik ketimbang buku baru.

Perpusatakaan daerah Prov. Papua, Jayapura. Sangat sepi tidap hari. yang datang hanya orang pendatang. Sementara orang asli dimana dan kemana saja?

Mari torang pergunakan gedung itu, manfaatkanlah gedung itu sebagai teman hidup. sebab, banyak hal yang akan diperoleh melalui gedung itu. karena dia telah menyediakan banyak ilmu untuk kita semua. Karena dia adalah gedung dari ilmu. 

Alexander Gobai, Penulis di Media Kabar Mapegaa (KM).


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Perpustakaan Daerah Prov. Papua Jayapura Jadi Sepi, Anak Adat Papua dimana dan kemana saja…!