BREAKING NEWS
Search

Sekda Papua: “Narkoba dan Miras Harus Dibasmi di Papua”

Ratusan Mahasiwa Turun Aksi di Kantorn Gubernur Papua. (Foto: Yosafat Muyapa/KM
Jayapura, (KM)— Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen, S.IP, menegaskan, Norkoba dan Minuman Keras (Miras) harus dibasmi di tanah Papua ini.

Hal ini, diungkapkan di saat ratusan mahasiswa yang tergabung di dalam Koalisi Mahasiswa, Pemuda dan Masyarakat Papua menggelar aksi menuntut segera regulasikan larangan Miras dan larangan Trasmigrasi, Rabu, (06/04) dari  Halaman Kantor Gubernur Papua.

Gubernur Papua yang diwakili Sekertaris Daerah Papua, TEA Hery Dosinaen, S.IP mengatakan, Papua itu bangkit, Papua dan Sejahtera dalam komitmen Gubernur itu yang harus diwujudkan,”jelasnya.

“maka, Narkoba dan Miras, harus dibasmikan di atas tanah ini,”Katanya  dalam pidato dihadapan aksi massa.

Menurutnya, Peraturan tentang pelarangan Minuman Keras (Miras) di tanah Papua telah diterbitkan sejak tahun 2009. Namun, belum dikokohkan,”jelasnya.

“maka itu, kita perlu mendukung kebijakan Gubernur Papua yang telah bijak mengambil langkah untuk membasmi Miras di tanah Papua,”katanya.

Hal ini dilihat, lanjutnya, “karena ada banyak jiwa orang Papua yang korban hanya karena Miras dan Narkoba,”tekannya. 

Selain itu, Gubenur Papua telah memerintahkan kepada Bupati dan Walikota bahwa Otsus sudah bergulir di tanah Papua sudah lamanya 14 tahun. Tapi, sampai hari belum lengkap data yang jelas tentang jumlah Orang Asli Papua,”ungkapnya.

“kerena, pihak-pihak tertentu yang  terlibatkan kepentingan tertenu atau apa belum nyata data penduduk yang jelas. Tapi, faktanya penduduk orang Asli Papua semakin kurang, “ungkapnya.

Lanjutnya, untuk mengawasi Perda Miras dan Narkoba. Maka, langkah yang sudah diambil dari Gubernur Papua, salah satunya, pembentukan  tim gabungan,”katanya.

Diantaranya, pihak keamanan TNI/PORLI, dan Polisi Pamon Praja, Mahasiswa, Pemuda, Masyarakat, bersama Pemerinta Provinsi Papua itu sendiri,”jelas Sekda Papua.

Ini dilakukan agar memberantas Miras di beberapa tempat, baik di bandar udara, pelabuhan, inpor dari luar papua, maupun tempat penjualan toko-toko ataupun areal-areal yang menjadi perkumpulan orang yang mengkomsumsi Miras itu,”bebernya.

(Yosafat Mai Muyapa/KM)

Editor: Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sekda Papua: “Narkoba dan Miras Harus Dibasmi di Papua”