BREAKING NEWS
Search

Di Papua : Ini Hal Baru, Pemilihan Presma Hanya Bisa Dilakukan di USTJ

Sebelum Pencoblosan, Ketua KPUM USTJ. Rudianto Wenda Menyampaikan sepakat dua kata terhadap mahasiswa/I. (Foto: Alexander Gobai/KM)

JAYAPURA, KABAR MAPEGAA.com – Pemilihan demi pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) atau Presiden Mahasiswa (Presma)  selalu dilakukan. Satu Perguruan Tinggi (PT) di Wilayan Timur Indonesia, Papua, yakni Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dalam melakukan pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa tampaknya berbeda. 


Kampus ini melakukan pemilihan umum dengan menggunakan suasana sistem demokrasi atau sering disebut sistem Presidensial, mulai dibentuk KPUM, penetepan nama calon kandidat hingga penetapan Badan Ekeskutuf Mahasiswa sebagai pemimpin mahasiswa tertinggi.


Ketika awak media ini mendatangi Ketua KPUM USTJ, Rudianto Wenda meminta wawancara soal pemilu presma ini, Wenda mengatakan dalam proses pemilihan ini, kampus USTJ menggunakan sistem presidensial. Pasalnya, pemilihan  ini harus mengikuti dengan sistem yang ada di  Indonesia.


“Ini contoh yang baik dan sederhana yang sedang kami lakukan apalagi ini wujud dari  sistem pemilihan yang sudah di tetapkan bangsa Indonesia,”kata dia kepada kabarmapegaa.com, Senin, (22/05/17).


Anak asal Lani Jaya ini, berharap, agar di perguruan-perguruan tinggi yang ada di tanah Papua perlu melakukan contoh ini juga. Apalagi kampus-kampus besar yang ada di tanah Papua, seperti Uncen, OUG, Unipa dan  perguruan tinggi lainnya.


Selain itu, Anggota KPUM USTJ, Albetus Yatipai mengharapakan, di dalam pemilu ini harus ditetapkan proses pemilihan ini secara presidensial.


“Saya rasa ini penting untuk diterapkan di perguruan-perguruan tinggu di tanah Papua,”bebernya.


Pewarta    : Alexander Gobai 



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Di Papua : Ini Hal Baru, Pemilihan Presma Hanya Bisa Dilakukan di USTJ