BREAKING NEWS
Search

Budidaya Ikan di Air Tawar Menambah Pendapatan

Duk.Penulis 
Oleh : Marten  Piyaiyebou Yogi

        Opini, (KM) --- Budi daya ikan air tawar  kini menjadi pilihan untuk menambah pendapatan keluarga. Harga ikan  yang  sangat tinggi serta perawatannya  yang sangat mudah menjadi  alasan utama  orang membudidayakannya. Selain dibudidayakan dalam skala yang besar, ikan air tawar pun bisa dibudidayakan dalam skala yang kecil (dilakukan di rumah). Budidaya ikan skala rumah tangga adalah budidaya yang dilakukan dengan memanfaatkan lahan atau lokasi di seputar rumah tinggal.

Untuk memulai usaha pembudidayaan ikan skala rumah tangga, minimal bisa menggunakan 10 paket indukan yang terdiri dari 20 ekor betina dan 10 ekor jantang. Kelebihan dari budidaya ikan skala rumah tangga adalah biaya yang di butuhkan relatif kecil. Perawatan ikan yang sedang dibudidayakan bisa dilakukan sendiri, bisa juga bersama dengan anggota keluarga lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini adalah pemilihan induk. Pemilihan induk harus dilakukan secara cermat, karena induk memegan peran yang sangat penting  dalam proses pembudidayaan ikan.

Pemilihan lokasi Budidaya ikan skala rumah tangga bisa menggunakan lokasi di lingkungan rumah, baik pekarangan maupun di ruangan dalam rumah. Lahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu luas, cukup 40-100 m2. Hal ini secara ekonomis tentu lebih menguntungkan karena tidak membutuhkan biaya untuk pengadaan lahan.

Namun, pemilihan lokasi juga harus kita perhatikan faktor sarana dan prasarana pendukung. Faktor yang harus kita perhatikan adalah lokasi pasar yang dekat, tersedianya sumber air yang bersih, dan mudah  mendapatkan pakan. Selain itu, keamanan di lokasi tersebut juga harus di perhatikan, mengingat ikan air tawar memiliki nilai jual ekonomis yang sangat tinggi.

Pemilihan wadah untuk budi daya ikan air tawar skala rumah tangga, ada beberapa wadah yang bisa digunakan untuk memelihara ikan. Yang penting, wadah tersebut dapat ditempatkan di lahan yang tidak terlalu luas. Kolam atau wadah bisa berupa akuarium, bak plastik atau bak fiberglass, dan kolam semen.

Dalam budi daya ikan air tawar skala rumah tangga, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung untuk menunjang keberhasilannya. Beberapa peralatan yang harus disiapkan terlebih dahulu seperti luban persembunyian pada saat terik mata hari dan aerator. Aerator berfungsi sebagai pemasuk oksigen dan penjaga kualitas air dalam wadah budi daya ikan.

Sumber air yang bisa digunakan untuk pemeliharaan ikan air tawar adalah air tanah, air PAM, air sungai. Selain itu kualitas air merupakan salah satu faktor penting dalam pembudidayaan ikan. Jika kualitas air yang dipakai buruk, hasil yang dicapai tidak akan maksimal, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi ikan. Ada beberapa komponen air yang berpengaruh pada kelangsungan budi daya ikan air tawar seperti derajat keasaman (pH), temperature, kadar garam (salinitas), ammonia, kadar oksigen yang terlarut dalam air (DO). Dengan adanya usaha budidaya ikan skala rumah tangga ini, maka kita dapat menambah pendapatan keluarga kini hingga selamanya

Penulis adalah Mahasiswa Papua, Kuliah di Universitas Papua (UNIPA) Manokwari Papua Barat


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Budidaya Ikan di Air Tawar Menambah Pendapatan