BREAKING NEWS
Search

Dua Orang Tewas Akibat Oplosan Miras di Kabupaten Dogiyai

Korban Oplosan MIras di Kabupaten Dogiyai. (Foto: Yan Goo/KM)

Dogiyai, KM)---Dua orang masyarakat Mee tewas diduga akibat mengonsumsi Oplosan Minuman Keras (Miras) di Ugapuga, Distrik Kamuu Timur, Kabupaten Dogiyai, Papua.

Dua orang Pemuda tewas pada hari Minggu, (29/05/16) dan hari Senin, (30/05/16). Keduanya ialah Melkias Agapa (25) dan Anton Boma (27). Sementara tiga orang diantaranya yang bersama-sama mengonsumsi Miras  juga masih dirawat di rumah sendiri. Mereka itu ialah Abaidege Goo (21), Hengki Agapa (30) dan Yulianus Pekei (26).

Korban  Miras yang dirawat di rumah, Hengki Agapa, mengatakan, Anton Pekei dan Melkias Agapa itu mengembuskan nafas terakhir setelah pesta Miras Alkohol berlangsung di Ugapuga tepat  di Gedung Esper.

Ia menjelaskan warna alkohol sebelum minum, kata dia, minuman alkhol itu biasa warna putih. Tetapi, setelah kami beli ternayata dalam minuman Alkohol itu campurannya banyak macam kedalam akhol itu hingga warna alkohol itu  berwarna biru. 

“Tempat jual beli Minuman di Ikebo, Moanemeni dan yang menjual minuman itu adalah warga pendatang asal dari Buton. Dia tinggal di jalan masuk kamuu selatan kios nomor berurut kedua yang biasa terdpat jual bensin di kios yang tarik kedepan,” tutur kata Hengki Agapa kepada wartawan pada Senin, (30/0/2016). 

Sementara itu, Salah korban Miras, Abaidege Goo, mengatakan,  selama ini keberadaan kios Miras di Dogiyai Ikebo Moanemani yang biasa jual-beli oleh warga pendatang Buton, sebelumnya kami biasa beli alkohol bersama orang buton itu saja. 

“Kemarin yang kami beli minuman alkohol itu berwarna biru. Sebelumnya, Minuman itu berwarna putih,”katanya.

Akibat pengaruh Alkohol itu, kami tiga orang sedang dirawat ini dan mata kami gelap tidak bisa melihat pandangan dekat maupun jauh ,”kata Goo.

Selaian itu, Salah Satu Tokoh Pemuda di Distrik kamuu Timur, Seles Pekei, mengatakan, korban yang tewas gara-gara Miras banyak terjadi di kalangan anak muda di Dogiyai.

“Jadi, sekarang gara-gara minuman beralkohol banyak anak muda yang tewas Pemda dogiyai segera tutup tempat jualan minuman alkohol di Ikebo kios-kios buton yang terletak di jalan masuk kamuu selatan,”tegasnya.

Ia  mengaku dan sependapat dengan perkataan Gubernur Papua bahwa Gubernur Papua sudah melarang keras jual-beli minuman alkohol di tanah Papua. Tetapi, nyatanya pemerintah kabupaten Dogiyai masih saja tidak mendungkung pernyataan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Ia meminta, Pemda Dogiyai segera menutup tempat-tempat jual-beli alkohol,”mintanya. 

Pewarta    : (Yan Yuaiya Goo/KM)
Editor         : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Dua Orang Tewas Akibat Oplosan Miras di Kabupaten Dogiyai