BREAKING NEWS
Search

Janji Jokowi Untuk Tanah Papua Ditagih

Aksi  Damai HMI, PMKRI, GMKI di Lingkaran Lampu Merah Abepura, Jayapura, (20/09/2016),
(Foto: Machelino Kudiai/KM)

Jayapura, (KM) –Janji Joko Widodo (Jokowi) Presiden Republik Indonesia (RI) terhadap tanah dan rakyat Papua yang selama ini masih belum  terwujud nyata kembali ditagih oleh gabungan tiga Organisasi di Jayapura yang disebut Organisasi Cipayung Se-Kota Jayapura.

Gabungan tiga organisasi itu ialah: Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

“Janji-Janji Presiden Jokowi untuk tanah Papua selama ini, kapan mau direalisasikan terhadap rakyat Papua. Ini semua pembohongan publik,”kata Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Elias Ndiwaen Mahuze, dalam Orasi yang disampaikan terhadap masa aksi, Kamis, (20/10/16), di Lingkaran Abepura.

Kata dia, janji Jokowi di tanah Papua seperti pasar mama-mama Papua jangan ada politisi di dalamnya. Selain itu, lanjutnya, penyelesaian kasus Paniai yang selama ini belum ada penyelesaiannya jangan jadikan sekedar wacana saja tetapi diusut secara tuntas sampai para pelakunya mendapat hukuman seberat-beratnya.

Lanjutnya, pemerintah pusat juga agar segera membuka akses media internasioanl ke tanah Papua sesuai dengan janji Presiden Jokowi.

Sementara itu, Ketua HMI, Se-Kota Jayapura, Dalhari, menegaskan, Jokowi segera menghentikan kebijakan tentang Papua sebagai lubang pangan (Padi) Nasional yang kemudian berimbas pada eskpoloitasi hutan Adat.

“Jokowi harus mengimplementasikan Revolusi mental di Papua yang selama ini tidak berjalan di Papua,”tegas Dalhari.

Ketua PMKRI Se-Kota Jayapura, Sebby Seblon Ibia, mengatakan, “Kami mendesak agar ada keseriusan diri Presiden Jokowi di dalam penanganan kasus pelanggaran HAM di tanah Papua agar segera terealisasikan dengan bermartabat dan sebenar-benarnya.

Selain itu, Ketua PMKRI Se-Koata Jayapura, Simon P. Bame, menambahkan, pemerintah dan pihak keamanan tidak menutup mata dengan oknum-oknum yang sengaja menggunakan isu SARA dalam politik kekuasaan dalam menjaga keamanan, kenyamanan, kehidupan masyarakat di Jayapura dan Papua, Indonesia pada umumnya.

“Kami menegaskan isu SARA jangan dijadikan alat penipuan di Jayapura, Papua dan Indonesia pada umumnya,”tutupnya.

Pewarta    : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Janji Jokowi Untuk Tanah Papua Ditagih