BREAKING NEWS
Search

Janji Kerja Sama, PT. Trakindo Utama dan SMK N. 1 Timika

Janji Kerja sama, PT. Trakindo Utama
dan Pihak SMK N. 1 Timika
(Foto: Manfred Kudiai)
Timika, KABAR MAPEGAA--Tanggal (04/04) dua hari lalu,  di lapangan apel SMK N 1 kuala kencana dirayakan upacara penandatangan dan perjanjian kerja sama pelaksanaan pendidikan  kompetensi keahlian teknik alat Berat antara PT.Trakindo Utama dgn SMK N1 Mimika dinas P & K  Kab. Mimika.

Dalam upacara tersebut  dihadiri Bapak Bupati dalam hal ini yang diwakili Sekda II Ibu Dra.Nurhamanta Sukmaria, Kepala Pimpinan SMK NEGERI 1 Kuala Kencana Bapak Maurits Kawer. S.Pd, pimpinan Head Office PT.Trakindo Utama dipusat Jakarta yakni Ibu  MARIA KURNAWATI, Pimpinan cab. PT.Trakindo Utama Bapak BERTON GURNING, HRD Manager PT. Trakindo Utama Bapak YUSHI ISMHAYUDHA, Kepala Dinas Pendididkan Menenga Kab Mimika Bapak BARTOLOMEUS KUNONG, Kepala Dinas Tenaga Kerja Bapak DONOSIUS MAMEYAU, DANRAMIL KUALA KENCANA  dan KAPOLSEK  KUALA KENCANA serta para undangan dari berbagai pihak instansi yang ada di Timika Juga perwakilan dari Orang Tua Wali seluruh siawa/i Smk Negeri 1 Mimika.  dan  semua jajaran guru SMK  N 1 serta staf tata Usaha serta seluruh siswa/i dari lima jurusan yang ada. Yaitu Bangunan Listrik, Otomotif, alat Berat dan Elektro.

Suasana mulai memanas, dalam kedatangan para pemipin tersebut siswa Smk mengadakan berbagai macam kegiatan yang pertama tarian Selamat Datang, kedua group Dram Band , ketiga vokaal dan keempat groub band Smk Negeri 1.

Acara jalannya seluruh rangkaian/ susunan acara penandatangan dan perjanjian kerja sama pelaksanaan pendidikan  kompetensi keahlian teknik alat Berat antara PT.Trakindo Utama dgn SMK N1 Mimika dinas P & K  Kab. Mimika tersebut dibawahkan/ bacakan  oleh Ibu Elisabet Kawaitou  yakni:


1.Penyemputan


penyembutan sangat terlihat indah dan rapi atas raganya yang ditampilkn oleh siswa yang berbakat dalam hal menari sekaligus menapilakan bakatnya dimuka umum, tari yangdiwakan ialah tati selamat datang  yang di iringi dengan lagu Saljojo.

2. Makan Siang Bersama
karenakan acara tersebut dimulai pukul 12.30 WIT , saatnya makan siang maka dilanjutkan dengan Makan siang bersama. Makan siang bersama  merupakan salah satu momen terpenting dalam hidup, agar dapat menciptakan kebersamaan tanpa membedah-bedakan satu salah lain. Makan itu sendiri merupakan sala satu kebutuhan utama manusia, untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang hilang akibat aktivitas setengah hari. Agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik tanpa ada kendala-kendala yang todak inginkan.

3. Drum Band SMK

Sementara makan siang bersama siswa Smk yang berbakat dalam memainkan drum band menampilkan kebolehannya, dalam memainkan drumband baik itu kutip2 maupun piano, dan memukul drum. Selanjutnya berlangka pada upacara inti. Yang dimulai dengan doa Pembukaan

4. Doa Pembukaan

Sebelum memulai kegiatan sebagai manusia yang beragama patut naikan puji dan syukur pada Tuhan yang maha Esa yakni yang memberikan nafas kehidupan dan berkat dan karunia-Nyalah maka dengan ini Ibu N.A.E Hursepuny S.Pd yang juga sebagai Guru Agama kristen Prostestan yang senior di Smk mengajak hadirin semuanya bersatu dalam Doa Pembukaan menurut iman dan tata caranya, dan yang lain menyesuaikan.

5. Nyanyikan Lagu Wajib nasional “ Indonesia Raya”

Hadirin berkenang tuk berdiri tuk menyayikan bersama lagu Indonesia Raya yang dipadul Oleh Ibu Rina Tarukbua S.Pak yang juga sebagai salah satu Guru seni budaya di smk tersebut.

6. Sambutan – sambutan

Upacar mulai memanas upaca tesebut dapat menyampaikan sambutan-sambutan dari . Kepala Pimpinan SMK NEGERI 1 Kuala Kencana Bapak Maurits Kawer. S.Pd, Kepala Dinas Pendididkan Menenga Mimika Bapak BARTOLOMEUS KUNONG ,  pimpinan Head Office PT.Trakindo Utama dipusat Jakarta yakni Ibu  MARIA KURNAWATI, Pimpinan cab. PT.Trakindo Utama Bapak BERTON GURNING, HRD Manager PT. Trakindo Utama Bapak YUSHI ISMHAYUDHA, Kepala Daerah Kab Mimika dalam hal ini yang mewakili Sekda II.Ibu Nurhamanta Sukmaria

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Pimpinan SMK NEGERI 1 Kuala Kencana Bapak Maurits Kawer. S.Pd ,prestasi demi prestasi sekolah ini meraih di bidan kesil apapun bahkan sampai hari ini pun kita dapat berkumpul disisni itupun  salah satu prestasi yang di raih di lembaga pedidikan ini,  Tanggal 30 yang lalu saya diundang ke Jakarta untuk mengikuti acara penyerahan penghargaan lagi-lagi saya diungang di salah stu lenbaga internasional yang berkedudukan dijakrta internasional Human Resord the vellowmen programs. Dari lembaga tersebut menilai 368 Sekolah dari smp sma dan smk dari sekian banyak Smk yang mereka nilai hanya18 sekolah. Smkn 1 termasuk di dalamnya.  Hal ini saya tidak menghira kalau sekolah saya bisa termasuk didalamnya, dan saya sendiri tidak tahu dari mana mereka menilai sekolah ini, smk yang ada di papua yang masuk didalamnya hanya smk negeri satu, kab mimika dan saat itu juga dapat pengharggan sebagi kepala sekolah terbaik/berprestasi kemudian smk berprestasi.tuturnya.

Hari ini langka kedua yang saya ikuti dan ini bukan hal asing lagi karean ini yang kedua kali saya saksikan dan harapan saya kerjasamanya harus kita jalankan  hari juga kita harus laksanakan karena adanya salah satu PT.TU yang selalu ada untuk kami smk sehingga siswa berprestasi dalam hal ini dimana saja saya ketemu orang-orang  penting di negara ini saya selalu promosikan seandainya negara kita ini ada 10 atau lebih seperti PT; Trakindo Utama negara ini tidak ada masalah semua tambang-tambang atau semua pekerjaan indonesia kita bisa atasi , katanya

Lanjut terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT.TU karena selama ini selalu bersam-sama mendampingi semua siswa.dengan ini perjalanan sekolah ini tak perna mundur di bidan usaha dan indutri  di samping itu juga  ada salah satu PT yang peduli kepada kami yakni PT. Chakra jawara dalam sambutannya perna ,mengatakan bahwa “hari ini adalah hari awal yang baik, sehingga kami dapat berkomunikasi atau berpartisipasi dan kerja sama dengan SMK N 1,  yang mana kegiatan ini dimulai Tahun awal, kita harus mulai dengan praktek kerja Lapangan lndusrti  di perusahan kami dengan baik,” katanya saat memberikan alat praktek sebuah  model engne heavy duty, maka dengan ini boleh mendapatkan dukungan dari Pemda supaya kita menidik siswa/i kita yang berprestasi, meningkatkan lembaga ini mjd percontohan bagi yang lain karena selama ini kami melangka sendiri  ,ujarnya .disamping itu beliau menambahkan kalu PT.TU selalu memperhatikan dalam dunia pendidikan dengan ini keluarga bersar smk n 1 bergandengantagan bersama mendukung Trakindo berkerjasama menuju hari depan yang cerah utuk Mendidikputra-putri bangsa dan negara agar membangun bangsa dan negara dalam dunia ndustri maupun usaha.ujar

Kepala  Dinas Pendididkan Menenga Mimika Bapak BARTOLOMEUS KUNONG  dalam sambutannya mengatakan bahwa Smk n 1 mimika adalah barometer pendidikan di Kab Timika khususnya dan Prov Papua pada umumnya. Dalam mengadapi persaingan global dan mengantisipasi  kemunkinan perubahan yang terjadi di abab 21 satu turut memberikan pelayanan kepada  masyarakat umumnya. Dengan menyiapakan tenaga-tenaga tranpil dn kreatif melalui pedidikan dan keterampilan  sesui dgn teguran Smk itu sendiri agar mengisi pembagunan  mengubah status siswa dari beban menjadi aseet. ini merupakan menjadi siswa yg sudah siap itu berarti bawah setelah tamat dari smk dapat membuka lapangan pekerjaan bukan mncari lapangn pekrjaan,ujarnya

Lanjutnya ditenga kebutuhan yg menyediakan tenaga kerja trampil dan propesioanal baik di tingkat nasional maupun internasional maka smk negeri 1 muncul dan didirikn oleh mantan menteri pedidikan Prof.Dr Waddhiman Wojonegro kurang lebih 20thn yg lalu sebelum Kabupaten Mimika mejadi resmi itu berarti alumus dari smk ini sudah menyebar di seluruh negara ini maupun di luar negeri hal ini terbukti bawah penilain dari nasional sudah mendapatkan penilain yang baik atau penghargaan/pigam untuk itu kesepahaman ini dibuat dengan  bentuk kerja sama yang dilaukan dengan mengadapakan pemanfaatan dan untuk mengoptimalakan  pendayagunaan sumber daya manusia semua pihak dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan praktek pendidikan yang baik di Kabupaten Mimika yang kita cintai ini.

 Bapak ibu para undangan yang saya hormati  bentuk kerja sama yang kita lakukan dengan mengadakan  pemanfaatan dan pembinaan sumberdaya manusi baik itu lewat guru-guru maupun kepada siswa yang antara lain dgn melakukan pedidikan dan pelatihan konsultasi pendidikn dan penyebaran praktek pddkn yang baik yg terus diakses setiap hari mudah-mudahan emoyou yang kedua kali kita tandantangan ini sudah menjadi Prasasti tetap/ rencana aktif  yang nyata dalam mempergunakan alat atau media secara baik dan dapat di pertanggungjawabkan akhirnya atas nama pribadi dan instansi dalam hal ini DISPENHUB menenga Kabupaten  Mimika yanag baru lahhir empat hari yang lalu mengatakn terimaksih yang sebesar beesarnya kepada  PT.Trakindo Utama yang sudah sejak 2003 sudah bekerja sama dengan Pemda kab mimika terutama dalam hal ini smk n1 mimika.

Semoga kerja sama saat ini berlanjut terus dan semoga anak-anak  kita yg kita siapkan mejadi  anak-anak  penerus bangsa yang handal.

Sambutan selanjtnya disampaikan oleh  PT.Trakindo Utama Bapak BERTON GURNING,suatu kebahagiaan bg kita bahwa pada siang hari ini kita bersama-sama mempunyai suatu keinginan untuk maju melangka didalam hal ini adanya progaramcooperation antara  dunia usaha, dan dunia pendidikan.ujarnya
 Sangat kita akui bahwa dunia pendidikan sangat tertinggal oleh dunia usaha diman kebutuhan industri ataupun usaha yg ada di luar sana yang gerakkan  roda ekonomi sudah jauh berkembang sementara dalam hal tertentu, materi-materi yang diajarkan sekolah itu masi hasil perakitan atau ramuan hasil penelitian bererapa tahun yang lalu sehinngga selalu ada ketinggalan antara apa aktual yang di butuhkan di dunia industri dan apa yang dihasilkan oleh dunia penididikn.

Dari pada hal inilah PT.TU  mengambil salah satu porci yang dalm hal ini mengambil suatu kerjasama dgn sekolah ,Smk dan pada aktualnya Trankindo juga mempunyai beberapa kerjasama dengan SD ,SMP dan beberapa universitas.

Dengan adanya kerja sama ini kita bisa memenuhi atau mengurangi get yang dibutukan oleh adik-adik  yg sekolah ini khususnya adik-adik yang mengambil jurusan alat berat.sehingga ketika keluar dari seklah iniakn mjdi anak –anak  tanggu para pencari pekerja bahkan tdk hanya sekedar pencari pekerja seperti yangg disampaikan oleh bapak kepala dinas,ujarnya.



 beberapa hari yg lalu saya membaca sebuah puisi dari Kalin Gibran dikatakan disanan “adalah bangsa yang menyedikan jika bangsanya adalah anak-anak  yang memakai baju dari kain yang tidk ditenunnya, yang memakan roti gandum  dari yang tidak dipanennya dan meminum susu dari sapi yang tidak di perasnya” artinya 



Didalam hal ini kita diberi tantangan supaya kita tidak hanya menjadi orang yng siap hanya menerima, bahwa kita tdak bisa hanya  sekedar memakai baju yag tidak produksi di negara kita memakan roti yang tidak diproduksi dari hasil tani kita ,begitu juga  dengan meminum susu yang tidak ada sapinya di indonesia

Jadi kehadiran dari sekolah smk di indonesia seharunya juga sanggup memenuhi jawaban atas kesedian atas suatu bangsa yang sebenarnya kita bisa lihat terjadi pada saat ini . ujarnya,.

Sambutan selanjtnya disampaikan oleh pimpinan Head Office PT.Trakindo Utama dipusat Jakarta yakni Ibu  MARIA KURNAWATI, salam sejatra untuk semua yangg hadir disini sangat bahagia sekali krn pertam-tama saya baru kali injak pulau papua,salam hormat dari pemilik PT.TU

PT.TU  adalah perusahan nasional jadi 100% nasioanal bagi bapak ibu yang belum terlalu mengenal PT.TU kami berdiri tahun 1970 dgn misi yg sangat indah yaitu “menciptakan lapangan kerja bagi sebanyak mungkin orang indonesia” tapi bukan untuk sekedar lapangan kerja seperti yang tadi disampaikan oleh Bapak Berton juga adalah kami ingin menciptakan lapanagan kerja ygberkualitas bagi anak bangsa dan smk n 1 dari 10 smk binan kami, selain 10 smk biaan kami yg tersebar diseluruh indonesia kami juga memiliki 5 politeknik binaan kami semuanya khusus di didang alat berat karena itu bidang dunia yang kami kenal dan kami dapat laksanakan dgn sangat baik  namun demikian PT.TU  juga ingin agar karakter anak anak bangsa indonesia  itu  kuat dan baik untuk masa sekarangg dan masa yang akan datang. Oleh karena itu kami juga memiliki 40 SD Negeri binaan kami di seluruh Indonesia, mengapa 40 ? krena  kami baru saja melewati ulang tahun yg ke- 40thn sehngga, kami ingin agar perusahaan kami bisa memberikan kembli kepada masyarakat dan turut membangun agar bangsa Indonsia khususnya mulai dari SD  dimana lebih mudah bagi kami untk mmbantuk krakter mereka untuk menjadid orng-orang yang lebih berarti dan berguna di masa yg akan datang, namun bapak dan ibu Perusahan kami adalah fokus kami memang tidak didalam pendanaan seecara langsung namun kami ingin agar guru-guru  yang adadi sekolah-sekolah binanaan kami diitngkatkan kualitasnya sehingga kami percaya apabilah gurunya bagus pasti murid-muridnyanya akan minimal sebaik guru-gurunya,walupun tidak lebih. Ujarnya kami sangat bahagia apabilah kerjasama-kerjasama macam ini bisa di perluas tdak saja  hanya dengan Trakindo tetapi juga dgn perusahaan-perusahan yang lainnya jadi itulah tujuannya juga bapak dan ibu agar apa yang kami inisiasi ini  bisa dilakukan oleh perusahan-perusahan  lainnya sekolah-sekolah negeri yang lain tdk hanya dgan smk ne 1 mimka ini saja. Itulah keinginan kami PT.TU.

 Titipan/pesan kami kepada Bpak/ibu guru yang ada di sini,kesinambungan dari guru-guru  yg mengajar sekolah ini sngat pnting bagi PT.TU sehingga investasi kita tdk selalu harus mulai dari awal,dan apa yag sudah baik dilakukan oleh kepala sekolah dapat dilanjutkan. Katanya.

Sambutan Sekda II Ibu  Dra.Nurhamanta Sukmaria,M.Msi
Saya atas nama kabupaten mimika mengucapkan banyak terimaksih kpd jajaran PT.Trakindo dari pusat sampai di Kab Mimika yang mana telah memperdulikan akan kemajuan SDM daripada Kab Mimika ini dan saya harapkan atas nama Pemerintah ada perusahan bersar lagi mengikuti jejak mulia dari pada PT.TU pusat ini.ujarnya
Pendidikan sangat penting dan sagat mahal ,terusteran kalau untuk ditumpang  di dana APBD sangat-sangat  masih jauh dibelakang pungung saya krna banyak yang masih di biayai apalgi kab mimika baru berumur 12 thn, masih sangat ditunggangi dengan hukum negatif lebih tinggi dari pada hukum positifnya maka dari itu terimaksih kepada Trakindo pusat yang telah peduli agar kemajuan SDM untuk masyarakt di kab mimika
Dalam sambutannya juga ia mengatakan guru-guru  yang ada di smk harus di tahankan tidak boleh dipindahkan kecuali guru yang malas harus diganti. ujarnya

7. Upacara Penandatanganan Kerjasama PT.Trakindo Utama  dengan SMK Negeri 1 Kab Mimika.

Acara puncak yang dinanti- nantika oleh SMK yakni upacara penandatangan dan perjanjian kerja sama pelaksanaan pendidikan  kompetensi keahlian teknik alat Berat antara PT.Trakindo Utama dgn SMK N1 Mimika dinas P & K  Kab. Mimika. Ibu   yang juga sebagai pengacara membacakan Naska kerja sama. Naska kerjasama dengan ini kami mengundang Kepala Pimpinan SMK NEGERI 1 Kuala Kencana Bapak Maurits Kawer. S.Pd,pimpinan Head Office PT.Trakindo Utama dipusat Jakarta yakni Ibu  MARIA KURNAWATI untuk mengambil bagian didepan. Kami mengundang juga Kepala Dinas Pendididkan Menenga Kab Mimika Bapak BARTOLOMEUS KUNONG,  dan  Pimpinan cab. PT.Trakindo Utama Bapak BERTON GURNING   ,untu mengetahui naska perjanjian kerjasama antara PT.Trakindo Utama dan SMKN 1 Mimika. Kami mengundang juga ibu Sekda II bersama HRD Manager PT. Trakindo Utama Bapak YUSHI ISMHAYUDHA. Kegiatan penandatanganan kerjasama selesai disaksikan oleh Bapak/ibu guru, orang tuawali, dan seluruh siswa smk n uala kencana.

8. Tarian Penutupan

diawali dengan tarian maka diakiri juga dengan tarian dengan ini tarian dibawakan oleh  Herman magai anak kelas 2 jurusan Alat berat yang berbakt di tarian ia adalah penar tunggal, tarian yang dibawahkan memang benar- benar menarik tuk disaksikan di pertengaan guru-guru smk ikut bersama tuk menari dan mengajak ibu Maria yang baru pertama kali melihat anak pribumi anak papua menari didepan muka. Sehingga ia merasa sangat terhibur dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan ,sementra itu bapak bertong ikut menari, bapak yushi pun ikut menari dan beserta rombongan pun ikut menari bersama.

9. Doa Penutup

Puji Tuhan Berkat dan karunianya sehingga bisa terlaksana dengan baik tanpa ada kendala satu pun dalam seluruh langkaian jalannya upacara penandatangan dan perjanjian kerja sama pelaksanaan pendidikan  kompetensi keahlian teknik alat Berat antara PT.Trakindo Utama dgn SMK N1 Mimika dinas P & K  Kab. Mimika.
Dengan ini ibu Sutiani S.Pd juga sebagi Guru dismk Berkenang untuk memimpin kta dalam Doa Penutup, pertama- tama mengajak agar tenagkan batin dan berdiam dir tuk memuju Tuhan Tuk nakan Puji syukur pada Allah, dan meminta iin kepada unat nasrani untuk melanjutkan Doa menurut iman kepercayaannya yakni Doa Penutup.

Dengan  adanya penandatangan dan perjanjian kerja sama pelaksanaan pendidikan  kompetensi keahlian teknik alat Berat antara PT.Trakindo Utama dgn SMK N1 Mimika dinas P & K  Kab. Mimika ini , bisa menciptakan tunas- tunas muda yang berprestasi dalam menembangkan bangasa an negara.(Manfred Kudiai/KM)






nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Janji Kerja Sama, PT. Trakindo Utama dan SMK N. 1 Timika