BREAKING NEWS
Search

Ini Keputusan PPM -LN MSG Dibahas Tentang Isu-isu penting Di Lautoka Fiji

Para Menteri Luar Negeri Negara-Negara MSG dan Delegasi ULMWP & Melindo
Fiji,(KM)-- Pertemuan para Menteri Luar Negeri MSG, adalah pertemuan pertama kali dalam tahun ini, untuk menjelang KTT Khusus para Pemimpin MSG yang dijadwalkan pada 16 Juni 2016 di Lautoka,Fiji.

Pertemuan itu diadakan, untuk sejumlah kesepakatan yang akan diutamakan demi nasional, komitmen regional serta internasional lainnya bagi anggota MSG.

Ketua Menteri Luar Negeri MSG, Hon Milner Tozaka, MP, dan sebagai Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon mengatakan bahwa pertemuan para Menteri Luar Negeri MSG dalam satu hari membahas isu-isu mendesak yang berkaitan dengan laporan terbaru dari Pertemuan pejabat Senior Meeting (SOM) yang dilaksanakan mulai pada tanggal 14-15 Juni 2016, untuk membahas hal-hal yang mendesak juga yang berkaitan dengan kunjungan pentingnya Ketua MSG yang telah dilakukan di awal tahun ini dan diikuti oleh hal-hal lain yang berkaitan dengan isu pembangunan sekretariat MSG.

Isu-isu penting lain yang ketua menteri luar negeri MSG menyatakan, perlu dibahas dan dilihat hasil penghargaan negosiasi perjanjian perdagangan baru MSG - Perjanjian Perdagangan Bebas Melanesia (MFTA) yang disahkan pada rapat Menteri Perdagangan dan diselenggarakan bulan Mei di Port Vila-Vanuatu yang telah perburuk.

Dan Beliau menegaskan bahwa Pejabat menteri Luar Negeri MSG hadir untuk mengadakan pertemuan demi kebutuhan dan dipastikan bahwa kehidupan organisasi ini perlu dipertahankan.

"Hari ini kita memiliki masalah penting untuk dipertimbangkan, terutama kritis situasi keuangan Sekretariat kami. Sekretariat membutuhkan dukungan keuangan yang memadai untuk memberikan sejumlah mandat penting dan ketentuan dari pemimpin kita ", tegasnya oleh ketua FMM.

Seperti catatan yang sama, ketua FMM juga bergema komentar yang sama dari TMM dalam bulan Mei 2016 bahwa "Saya senang untuk beberapa catatan untuk kemajuan positif yang telah kita buat dengan kemajuan program oleh Sekretariat seperti yang disilmpulkan pada negosiasi perjanjian untuk perdagangan MSG baru-baru ini di Port Vila, Vanuatu ".

Dia mengatakan meskipun tantangan yang dihadapi oleh anggota pada isu-isu sumber daya dan perbedaan pandangan tentang jalan terbaik untuk mengatasi tantangan ini, maka perlu melihat jalannya berbagai langkah dalam pemotongan biaya.

Menteri Tozaka juga mengatakan: "Untuk pertama kalinya dalam sejarah MSG kami bisa sepakat untuk Indonesia dan ULMWP duduk di meja yang sama dengan diberikan keanggotaan penuh".

Dia menjelaskan bahwa meskipun ada berbeda pendapat dengan indonesia anggota asosiasi MSG untuk mengakomodasi ULMWP dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya. Namun pada SOM nanti akan mengatur tempat kedudukannya, Ketua berdiri alasan dan menekankan perlunya bagi kedua belah pihak (parties) Indonesia & ULMWP ini diberikan kesempatan untuk duduk di meja yang sama.

Dalam menanggapi susunan sejarah baru ini yang diangkat ULMWP oleh utusan khusus dalam MSG, Mr. Rex Horoi mengatakan: "Inilah awal dari proses lama yang kami MSG tunggu untuk menyediakan sebuah platform yang pasti, maka kepada Indonesia dan ULMWP untuk melakukan dialog terbuka dan transparan tentang pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung dan masalah yang dihadapi orang Melanesia dalam ULMWP ".

FMM telah berhasil diselesaikan dengan Menteri Luar Negeri menandatangani terkait Hasil pertemuan tersebut. Hasil FMM ini akan diserahkan kepada KTT Pemimpin khusus MSG yang akan datang, pertemuan itu dijadwalkan dalam bulan Juli 2016 di Honiara, Kepulauan Solomon.


Translator : Den Paniai (One Papua).






nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ini Keputusan PPM -LN MSG Dibahas Tentang Isu-isu penting Di Lautoka Fiji