BREAKING NEWS
Search

Mau Tidak Mau, Masyarakat Sudah Termasuk Pengaruh Globalisasi

Baju Kemeja Kuning Keemas-Emasan (Dr. Niko Kobepa), Sedang Persiapan Untuk Memberikan Materi Dalam Kegiatan MUBES HIPPMAAP Se-Papua di Agadide. (Foto: Alexander Gobai/KM)

Paniai, (KM) – kehidupan yang sedang berjalan dan berkembang saat ini, masyarakat dituntut untuk mengenal perkembangan dunai. Hal ini dapat dilihat dari pengaruh perkembangan globalisasi.

“Kita sedang dihadapkan dengan pengaruh globalisasi. Jadi, mau tidak mau, masyarakat saat ini pada umumnya sudah termasuk pengaruh perkembangan globalisasi,”kata Kobepa, Senin, (02/01/17), terhadap peserta MUBES II HIPPMMAP Se-Papua dalam peyampaian Materi Ilmiahnya  tentang Organisasi Agadide (MEE) yang Global Obyek atau Agen Perubahan.

Kata dia,  pengaruh globalisasi ini sedang berusaha untuk masuk di kampung-kampung, desa-desa. Jadi, perlu ada kesiapan masyarakat setempat dalam menjemput perkembangan itu.

Hal ini dapat dilihat, misalnya, setelah kemerdekaan NKRI. Dimana penguruh kekuasaan dapat berjalan, baik pengaruh dari sisi ekonomi, sosial, admintrasi. Ini semua menjadi titik perhatian di tiap kampung-kampung, termasuk di distrik Agadide.

Contohnya lainnya, duluh wilayah Agadide berada pada satu kecamatan, yakni Distrik Agadide. Tetapi, dengan adanya pemekaraan dan reformasi akhirnya terpecah belah.

“Ini semua perkembangan yang sedang dirasakan oleh rakyat. Kalau sudah seperti begitu, kata Kobepa “Apa jadinya masyarakat Agadide kedepan,”ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, perubahan yang sedang terjadi ini, menutut orang Agadide harus bersatu dan berusahan menyikapi masalah yang sedang berjalan ini.

Selain itu, terkait Politik dan pemerintahan, kata dia, orang Agadide jangan hanya pandai menjadi calon DPR, Bupati dan seterusnya.  Karena, di sisi lain, orang lain akan menjajah. “ini jangan terjadi di daerah Agadide,”katanya.

“Seharusnya, kita orang Agadide harus berpikir yang belum orang Agadide bekerja. Mungkin di bidang swasta atau menciptakan lapangan pekerjaan dalam di bidang ekonomi atau di sisi lainnya,”bebernya.

Pewarta          : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mau Tidak Mau, Masyarakat Sudah Termasuk Pengaruh Globalisasi