BREAKING NEWS
Search

“Kegagalan Awal dari Perjuangan”


Foto Istimewa Alex

Oleh: Alexander Gobai
Kehidupan manusia, tentunya banyak tantangan dan rintangan yang selalu dihadapi maupun sudah pernah mengalaminya. Salah satunya ialah kegagalan. Kegagalan ini identik dengan tidak punya rasa semangat untuk maju. Akibatnya orang akan jatuh pada kegagalan.
Tidak punya rasa niat dan semangat untuk mau menunjukan bahwa saya hidup ini untuk saya dan untuk masyarakatku, maka saya harus apa? Sering orang tidak berpikir sampai pada titik itu. Malah pemikiran mereka berpikri pada sesuatu hal yang lebih besar. Sedangkan, hal-hal yang terkecil dibiarkan dengan begitu saja.
Sama hal dengan kegagalan. Kegagalan itu juga, datang dari salah satu faktor yaitu kemalasan dan ketidakpunya rasa semangat untuk berjuang dengan sungguh-sungguh. Ketika tidakadanya rasa semangat dari batin seseorang, maka akibatnya ialah akan mengalami seperti demikian.
Kegagalan itu, tidak datang dari orang lain, baik dari teman dekat, keluarga ataupun dari saudara kandung. Namun, kegagalan itu datang dari diri sendiri. Artinya ketika kita, tidak memunyai rasa niat, hanya maunnya untuk bersenang-senang atau berfoya-foya. Maka akibatnya ialah akan jatuh pada kegagalan. Maka kegagalan itu, datang dari pribadi seseorang.
Dan dari sisi lain kegagalan itu, juga merupakan awal dari perjuangan manusia. Ketika kita, jatuh pada jalan yang lain atau jalan yang salah. Maka, kita pribadi harus bangkit, dan berusaha untuk berani melawan yang namanya jatuh dari kerja keras kita. Otomatis keberhasilan itu akan nampak di hadapan kita.
Orang yang sukses tidak selamanya ia sukses. Pasti di tengah jalan ia pernah mengalami tantangan dan rintangan. Dan disitu pasti, ia akan merasa saya tidak ingin bangkit, saya malas dan macam-macam kata kemasalan yang akan diungkapkannya.
Oleh karenya itu, setiap manusia tidak terluput dari kegagalan. Semuanya, akan mengalami hal demikian. Namun, kita harus bersyukur bahwa dengan adanya kegagalan itu akan membawa pengalaman yang berharga dalam hidup kita. Dimana pengalaman kegagalan itu, menjadi acuan agar kita belajar untuk bangkit.
Kegagalan merupakan awal dari perjuangan. Maka, kita harus berjuang dari kegagalan itu.  Karena kegagalan bukan berarti pembawa sial dalam hidup. Namun, kegagalan adalah salah satu bentuk untuk berani melangkah dan melawan dari semua kemasalan kita, yang selalu terjerumus dari kegagalan. Dengan demikian, kita harus percaya dan yakin bahwa perjuangan adalah kerja keras kita. Dan kita harus, mengambil komitmen bahwa perjungan bukan sampai di titik ini. Namun, perjuangan kita masih panjang. Oleh karenya itu, kita harus  bangkit dan harus merahi kesuksesan yang ada disana.
Oleh karena itu, ketika kita sudah melangkah dan memikirkan kesuksan. Otomatis kesuksesan akan menjadi milik kita. Jadikanlah kesuksesan Anda dan kita semua, menjadi sahabat seumur hidup. (Alexander Gobai/SA)



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on ““Kegagalan Awal dari Perjuangan”