BREAKING NEWS
Search

Kedatangan Natal Membawa Kedamaian Masa Adven Adalah Masa Penantian



Oleh : Manfred Freddy Kudiai
Dalam gereja Katolik, lingkaran natal mulai dari masa Adven.selama empat pekan kita harus  mempersiapkan diri  dan menantikan kedatangan Tuhan. Selama masa adven, kita diajak untuk merindukan keselamatan-Nya. Ibaratnya seperti  tanah kering yang mengharapkan hujan”. Hati kita berseru-seru ”hai langit turunkanlah embunmu, hai awan hujankanlah Raja Adil. Sama hal dengan catatan dalam Alkitab (Yes 45:8) mengatakan “sungguh yang dirindukan akan datang sebagai penyelamat. Ia akan membebaskan kita  dari belenggu dosa dan kematian. Dengan demikian, persiapan yang paling baik adalah mulai memurnikan hati, jiwa dan akal budi sehingga kita  pantas menyambut kedatangan  sang pencipta.

Dengan demikian, Terlihatlah pohon natal  yang bermacam–macam yang mana mewarnai dan atau  memberikan keindahan untuk menyambut juru selamat yakni baby Yesus yang akan datang membawa perdamain/kalik dunia. Dengan kedatang-Nya sang pembawa damai. Sekian banyak umat Nasrani memulai dengan berbagai kegiatan seperti mewarnani dengan berbagai pohon natal, pondok-pondok natal serta nyayian–nyayian natal.

Suasana dalam bulan desember ini tidak sama denga bulan-bulan lain. Kedatangan Bulan desember berarti kedatangan Tuhan untuk mengajak semua orang dalam merenungkan akan kehidupan yang dalam tahun ini telah melakukan banyak hal, baik yang bersifat positif dan negatif.
  
Melihat hal demikian, tak seorang pun dan tak ingin kala dalam  melakukan berbagai kegiatan seperti menghias berbagai macam bahan demi terwujudnya meriakan hari natal. Tujuan dari itu ialah menyambut kedatanagan sang pencipta.

Pada hari raya yang akan dirayakan pada 25 desember 2012. Ialah merayakan  kedatangan  Yesus di dunia  ini sebagai anak manusia sekaligus  Putra Allah yang tunggal. Maka, kita harus bersuka cita menyambut kedatanaganya sehingga kita pantas dihadapanya. Pada malam natal nanti, kita sebagai  manusia yang tidak luput dengan berbagai macam dosa. Perluh berlutut dan harus mengaku dosa dengan sungguh-sungguh agar doa kita dapat dikabulkan dan diterima oleh yang Maha Kuasa.
 
Natal mempunyai makna yang sangat tinggi. Perjalanan kehidupan kita sebagai manusia yang beriman. Natal merupakan kedatang Sang Pencipta dalam hidup iniArtinya bahwa  dengan merayakan Natal, justru kita harus mampu memulaikan dan bermazmur kedatangannya. Sehingga kehidupan kita berada disisnya.

Penulis : (Siswa SMK Negeri 1 Kuala Kencana Timika, papua)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kedatangan Natal Membawa Kedamaian Masa Adven Adalah Masa Penantian