BREAKING NEWS
Search

PERSOALAN PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR DAN PENGENDALIAN SUATU KONFLIK DI PAPAUA


Oleh : Musa petitaiby Pekei
1.      PEMBANGUNAN
Pembangunan berarti menutupi lubang-lubang  yang masih celah dan mampu melengkapi semua kekurangan-kekurangan  sehingga membentuk suasana yang aman dan damai  sejahtera. Pembanguna adalah  salah satu kegiatan uang dilakuakan  oleh pemerintah  untuk membangun infrastruktur  di segala bidang  baik, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Jikalau dilihat dari  aspek fakta bahwa“ pembanggunan papua masih belum menggalirkan dana  sehingga terjadi kemacetan disegalah bidang terlebih khusus di SDM  (sumber daya alam )  yang bewlum diperioritaskan , sehingga dilapangan pekerjaan  banyak yang belum mendapatkan pekerjaan.
Dalam diskusi bersama siswa/i SMK Tunas Bangsa  Timika Khususnya anak-anak Papua . pada hari senin 04   november  pada pukul 12.00 sinag , telah menyumbangkan  pendapat-pendapat sementara diskusi berlangsung ,salah satu siswa smsk Herman Ibo menuturkan bahwa penjabat –penjabat  papua khusuusnya bupati  disetiap kabupaten  masing-masing belum  memperioritaskan infrastruktur  kepada masyarakat pribumi, namun menurut pengamatan seh  Herman bahwa pemimpin yang bisa membangun dan bisa dapat memperhatikan  masyarakat pribumi adalah  adalah Bupati kab Wamena  kenapa ? “karena ia menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Bupati sesuai dengan  aturan yang telah  ditetapkan dalam  PERDA,  lingkupan informasi ini  mengilustrasikan bahwa “ bupati  kab Wamena  telah memberikan contoh yang baik kepada  penjabat-penjabat yang lain  terlebih khusus kepada Gubernur provinsi  Papua  pada umumnya , karenba dengan adanya contoh diatas  bisa dapat memulikan dan mensejatrakan Rakyat pribumi.
Hasil pengamatan menunjukan bahwa hampir semua penjabat papu belum menyesejatrakan rakyat .katanya, kemudian selanjutnya menurut Neles Mote  menuturka bahwa  “ pemimpin haruslah seperti pelayan  dan mengontrol semua  instansi – instansi Dinas  dan memberikan  kontribusi  supaya rencana  pembangunan dapat  berjalan dengan lancar , dan  pemimpiun haruslah mempunyai jiwa dinamis dan adptif dan memperhatikan orang yang tidak mampu dan hamba-hamba Tuhan ,seperti gembala. Pendeta, katakis. Dan pastor  sekaligus  diberikan honorer setiap bulan dan  perlu juga  diperhatikan  pembangunan mulai dari RT,Desa ,huingga Ke Kota “ dengan rencana seperti  ini, maka masdyarakat juga bisa dapat  hidup aman dan sejatra .katanya.

Menurut masukan dan pendapat diatas  menggambarkan bahwa, pembangunan dapat  dapat berjalan dengan lancar , apabila pemeimpin  dapat mengontrol  ke dinas – dinas  dan mengedarkan surat adapun mengenai rapat bulanan atau tahunan  tentunya untuk membentuk prosedur  Rencana  kegiatan  pembangunan  daerah  dan sekaligus memberikann tugas  dan tanggung jawab  kepada masing-masing  instansi , sehingga  semua aktivitas dapat berjalan dengan lancar  dan rakyat juga bisa dapat hidup dengan aman damai dan sejatra.

2.      PENDIDIKAN
Perlu diketahui  bahwa pendidikan di papua harus diperioritaskan , Putra /putri papua  sehinnga setelah  menyelesaikan studynya  bisa dapat bangun kembali  oleh orang pribumi sendiri. Maka diharapkan kepada pemerintah daerah  agar memperhatikan di bagian kampung – kampung yang masih belum ada pembangunan  sekolah  yang dilengkapi  dengan fasilittas yang  memadai  dengan demikian  pemerintah memperatiukan  hgal tersebut dengan serius  oleh pemerintah dari aspek  kelemahan dan kekurangan  yang dialami  selama menjadi studi .maka  dengan sendirinya  dapat terpenuhi  disegalah bidang  olegb orang-0rang asli papua . dengan demikian menurut  Musamenuturkan bahwa “ pendidikan adalah ujung tombak dari segala-galanya  maka saya harapkan kepada ppemerinttah  daerah setempat terlebih kusus kepada bupati untuk segtera mengontrol staf_nya  di setiap sekolah – sekolah dan menyelidiki/mengetes kemampuan siswa  pribumi , apabilah kemampuan siswa/i menonjol  maka pemerintah mentransfer siswa tersebut , ke sekolah yang memiliki fasilitas  yang memadai  dan sekaligus di biayai oleh pemerintah , agar orang pribumi juga bisa  bersaing dengan oran-orang  yang ada di daerah yang sudah maju dallam duniia pendidikan , dann mampu menciptakan  sesuatu yang berguna  dan bermanfaat  bagi genersi  penerus  bangsa kedepannya.
Pendidikan adalah ujung tombak  dari segala –galanya  untuk mengassu pola pikir  yang berwawasan  dan memilikin  nilai moral yang baik dalam bisnis , sumbangan sosial dan religi  dalam kehidupan bangsa dan negara.

3.      PENGENDALIAN KONFLIK
Dalam perbincabgan mengenai  konflik  bisa juga mengorbankan segala harta  benda dan jiwa  manusia  bisah punah dan  konflik  itu mudah  membawah kematian . dalam perbincangan konflik ini. Kalep Gobai memaparkan bahwa “ segala konflik /persoalan  yang terjadi  diskriminasi  dipapua terlebih khusus di Kabupatren Mimika  yang sering terjadi  perselisihan  perang suku,  konflik itu bisa dikendalikan  atau diselesaikan  dengan baik  apabila pimpinan daerah (Bupati ) beserta DPRD sekaligus  dikawali oleh tentara kemudian turung ke  medan perang  agar konflik  itu bisa dapat diselesaikan  dengan  solusi yang terbaik.
Menurut pendapat ini menggambarkan  bahwa “ perlu adanya  koordinasi  kepada masyarakat  diman  perselisihan  itu  terjadi  dan bagaimana peran serta tanggungjawab  seorang pemimpin dalam  memecahkan suatu masalah  dan tahapan –tahapan  apa yang harus  diambil  dan di sampaikan kepada  masyarakat  sehingga kedepannya tidak terjadi konflik lagi. Sesungguhnya  bahwa konflik itu dapat  diselesaikan  dengan terbaik apabiula  dilaksanakan  dengan sollusi  dialolg  jakarta – papua  untuk menindak lanjuti  sampai diman  akar persoalan  yang  dihadapiu  oleh orang papua , kemudian hasilnya  di ajukan untuk  menunjukan hasilnyya  diakir semua problem.


Penulis: (Siswa SMK Tunas Bangsa Timika, Papua)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PERSOALAN PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR DAN PENGENDALIAN SUATU KONFLIK DI PAPAUA