BREAKING NEWS
Search

Kenangan Makrap (malam Keakraban) IPMANAPANDODE. 2013



oleh : Manfred Kudiai
Photo : Saat peserta makrab menerima materi dari kakak senioritas. T/a 2013-2012

Su Satu tahun ,baru mengerti Pentingnya “makrab” Malam keakraban

“Bingung cari dimana lagi...
Dimana ee ?  ...bah waktu itu saya taru disini baru? 
Bingung....” 

Kata-kata ini yang sempat saya ucapakan sambil saya mencari Buku Tabungan saya, entah kemana saya meletakan buku Tanbungan saya tersebut.

Saya lepas turungkan tas dan lemari buku yang say gantungkan di dinding kos saya , sampe-sampe kamar kos saya ambur –adu, berantakan. tapi  belum juga saya temukan, lalu saya mulai mengecek di buku-buka saya satu per satu,  jangan sampai tersilip dalam buku-buku tersebut.

Bagian Paling bawah saya temukan kumpulan kertas-kertas, yang sudah dijepit menjadi dua rangkap , karena posisinya terbalik (arah kebawah dasar lemari) ,saya bingun ,ini catatan apa yang saya pernah simpan. Saya tidak ingat lagi padahal saya sendiri  yang simpan. Saya langsung mengambilnya sambil membersihkan dari debuh-debuh yang terselip didalam kertas-kertas tersebut.

Sebenarnya ini (materi) apa yang saya pernah simpan di lemari buku saya, langsung saya membuka kedua rangkap materi tersebut.

Apa yang saya lihat ?

Ternyata kedua materi itu adalah “materi Seminar yang pernah kami terimah saat Malam Keakraban Ikatan  Pelajar  dan Mahasiswa Nabire , Paniai, Dogiyai dan Deiyai (IPMANAPANDODE) Yogyakarta, Tahun ajaran 2013/2014.

Keperluan saya yang sedang saya cari, itu pun saya tinggalkan, kamarku masih brantakan ,namun saya ingin sekali untuk membaca kedua materi tersebut. Karena saya belum memahami dan saya tidak ingat lagi meteri yang pernah diberikan saat kami Makrab, sehinggah saya luangkan waktu untuk membacanya.

Yang pertama saya membaca Materi Seminar tentang “Budaya & Penyesuaian diri  di Kota Yogyakarta Bagi Maba (mahasiswa baru) yang telah bergabung Di keluarga besar IPMANAPANDODE, dan saya tidak ingat lagi meteri yang pernah diberikan saat kami Makrab mungkin karena over memory saya hehhe, pertama yang saya baca adalah  Materi Seminar tentang “Budaya & Penyesuaian diri  di Kota Yogyakarta Bagi Maba (mahasiswa baru) yang telah bergabung Di keluarga besar IPMANAPANDODE, 2013/2014) yang dibawahkan Oleh Kak Senioritas yaitu Bapak Derek Yeimo.ST

Pada halaman pertama saya membaca pokok penting yang Mahasiswa harus mengetahuinya,  yakni ?  tapi maaf  ya ?  kawan – kawan .  Karena saya tidak dapat menuliskan semua yang terdapat dalamnya, hanya saja saya membagikan Judul-judul yang menjadi pokok pembahasan waktu itu, ok kita lanjut;
Pada halaman pertama terdapat  :
  • ·         Pengertian /definisi Umum Budaya
  • ·         Budaya orang Papua
  • ·         Lalu budaya apa yang tidak ada di Papua
Pada halam kedua termuat tentang Proses beradaptasi untuk Maba di Yogyakarta
·         Gambaran Umum tentang Study di  Yogyakarta
1.    Kota Budaya
2.    Kota study
3.    Kota Pariwisata
pada halaman ke tiga tentang :
  • ·     Tips Cara Penyesuaian Diri di Kampus dan Masyarakat sekitarnya
  • ·         Misinya Apa ? Adik-adik datang Study di Yogyakarta.
Lanjut lagi pada halaman ke empat dan ke lima memuat tentang Tips Giat sukses kuliah ,
tips –tips  tersebut diantaranya :


1.    Mengenal teman di kampus
2.    Menghadiri kuliah
3.    Menulis Bahan kuliah
4.    Belajar dan membaca buku
5.    Manfaatkan Perpustakaan
6.    Belajar dengan ruting
7.    Belajar Diskusi kelompok
8.    Memahami sifat Dosen
9.    Memahami sistem kredit semester dengan baik
10. Niat dan Tekad
11. Harus optimis jangan Pesimis
12. Motivasi belajar harus tinggi
13. Strategi
14. Hidup adalah keseimbangan
15. Bekerja dan Berdoa
Dan yang terakhir adalah KESIMPULAN. 

Setalah saya membaca semua yang terdapat pada materi  “Budaya dan Penyesuaian Diri” saya istirahat  sebentar kira-kira 5 menit  sambil menglemaskan otot-otot saya . lanjut lagi saya memegan Materi yang satunya untuk melanjutkan membacanya.

Materi yang ini berisi tentang Refleksi Singkat “ Saya Sebagai Papua” oleh : Agustinus Dogomo, Dalam materinya Kak  Agus memuat  tentang  Siapa Kita ?,   
Dalam materi ini kak Agus menjelaskan tentang siapa kita, berbangsa apa,  suku , dan pembagian wilaya berdasarkan  adat , serta 7 suku Besar. Untuk lebih jelas anda dapat (baca ,www.kompasiana.com, edisi : 2/9/2012), sesi selanjutnya Kak Agus kembali menjelaskan tentang Sejarah Bangsa Papua secara Singkat,padat dan jelas.

Seusai saya membacanya saya teringat akan malam keakrabaan yang pernah kami lalui, ternyata makrab memberikan kami nilai positif serta pengetahuan –pengetahuan  baru, serta rasa kekeluargaan antara mahasiwa/i Nabire, paniai,dogiya dan deiyai. saya terpaku dan kesan akan materi-materi yang pernah kami terima saat malam keakraban baik dari kak senioritas Bapak Derek Yeimo,ST maupun Kak Agus Dogomo, ada lagi materi dari kak senioritas namun secara lisan jadi saya tidak sempat ingat, kalau tidak salah tentang Alam Papua adalah mama dan Keindahan Alam Papua.

Saya duduk dan menrenungkan apa yang  baru saja membacanya, dan seakan ada pertanyaan yang keluar dari dalam lubuk hati:
“Sekarang saya su, satu tahun disini ,tapi saya tra  ikuti kata- kata dari kakak, waktu makrab?
Makrab ,penting juga eee? ,tapi  kenapa saya baru menyadari sekarang...
kalau Makrab Itu penting..
Saya tra juga ikuti nasehat dan tips –tips sukses Kuliah dari Bapak Derek
waktu itu?
Truss saya lakukan apa selama ini..???
Bingung.
Sa Harus rubah cara hidup sa ini.

Sementara saya lagi dalam kebingungan ,saya pun tertidur , samapai kaget bagun pada pagi hari.

Disamping kiri kanan dan depan belakang  saya masih berantakan dengan buku-buku yang saya keluarkan dari lemari buka saya ,saat saya mencari buku tabungan saya. karena waktu menunujukan pukul 07.30 WIB  (jam kuliah pagi), mandi dan langsung menuju kampus, barang-barang saya,  saya bereskan setelah pulang dari kampus pada siang hari.

"Tulisan ini sekaligus sebagai suatu ungkapan hati, dan sebagai ungkapan maaf, karena walaupun saya pernah menerima materi yang bermanfaat namun saya tidak pernah terapkan selama satu tahun disini . dan juga mungkin ada kelakuan  saya  membuat saudara- saudara rasa tidak enak, rasa kurang dihargai senioritas, baik dengan perkataan, maupun perbuatan. semoga dengan ini dapat mengampuninya."

Penulis : Mahasiswa Papua tinggal di Yogyakarta


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Kenangan Makrap (malam Keakraban) IPMANAPANDODE. 2013