BREAKING NEWS
Search

Mau Sekolah, Tapi Tidak Ada Dukungan Jadi, Bagaimana Yah?




Anak Adat Papua/Dok : Prib/KM
Timika, KABAR MAPEGAA—Banyak anak adat papua, sangat sulit mendapatkan pendidikan yang layak tak terkecuali fasilitas atau perlengkapan sekolah dan tenaga guru. Ini menjadi hambatan dalam meningkatkan kecerdasan anak bangsa.

Begitupun juga, anak-anak papua kadang merasa putus asa dalam mulainya, proses menjalankan tugas dan haknya yaitu mendapatkan pendidikan atau sekolah yang baik. Tetapi, faktor dukungan (sport) yang kadang menjadi sebuah masalah dalam meningkatkan kecerdasaan anak bangsa.

Alpius Bunai, Fransiskus Bunai, Misalnya.  Kedua anak ini, sangat berharap untuk sekolah, ingin merasakan penididikan seperti apa dan bagaimana. Cita-cita mereka sangat tinggi, keinginan untuk menjadi orang sukses sangat diharapkan. Tetapi, mereka ini tidak ada dorongan (sport) yang baik, akhirnya tidak bersekolah.

Bingung mau lakukan kerja apa. “lebih baik jalan-jalan saja. Ketimbang tinggal dirumah, tanpa ada kerja yang jelas,”kata Alpius bunai anak adat papua dari Agadide, rabu (16/04) kepada www.mapegaa.blogspot.com tadi siang.

Kata Alpius, kami mempunyai keinginan yang sangat tinggi untuk sekolah, ingin sukses seperti orang-orang besar. Tapi, kami tidak diberikan kesempatan untuk mendorong atau  dukungan yang jelas dari keluarga, dan saudara/I kami,”katanya

“padahal mau sekolah tapi, tidak ada orang yang mau dukung kami jadi,”tegas dengan serius

Sementara Fransiskus Bunai, hampir senada dengan Alpius mengatakan, sekolah itu, ujung-ujungnya menjadi pejabat ataupun bos besar. “kami mau seperti itu, tapi tidak ada dukungan jadi,”tambahnya

Sekolah itu penting, supuya bisa tulis, membaca menghitung  dan menganalisis perkembangan yang terjadi, entah masa lalu, kini dan depan.  Problemnya, faktor dukungan (Sport) yang kadang menjadi persoalan besar akhirnya anak-anak papua, yang justru memunyai keinginan tinggi, kadang padam di tengah jalan.

Persoalan di atas adalah tanggunggjawab keluarga, saudara/inya dan pihak lainya juga. Sehingga masalah besar di atas dapat diatasi dengan bijak. Jangan sampai, kedepan, papua rusak karena persoalan semacam ini, yaitu persoalan dukungan (Sport). (Alexander Gobai/KM)





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mau Sekolah, Tapi Tidak Ada Dukungan Jadi, Bagaimana Yah?