BREAKING NEWS
Search

Tiap Hari Jadi Buru di Pelabuhan Pomako

Situasi Pelabuhan Pomako, Timika, Papua. Foto. Alexander Gobai/KM
Timika, (KM)—Tipa Hari, hampir sebagian besar warga pomako, Suku Kamoro menjadi pekerja atau buruh kasar di pelabuhan pamoka, ketika kapal masuk,”kata Salah Warga yang sudah lama tinggal di timika, Bruno Yatipai, sabtu, (03/01/15) di Pelabuhan Pomako, Saat Memantau Keadaan Lokasi Setempat.

“untuk mencari kebutuhan hidup, salah satunya harus melaksanaan kerja kasar, seperti menjadi buruh di palabuhan,”katanya kepada www.kabarmapegaa.com.

Kata dia, tidak setiap hari mereka kerja di pelabuhan, tetapi di saat-saat kapal masuk dan membawa barang. Dan disitulah mereka kerja,”jelasnya.

“warga sekitar pomako, bukan hanya berharap menjadi pekerja kasar (buruh), tetapi juga mereka melakukan kegiatan yang mana bisa menghasilakan uang, seperti , menjual Ikan, Kepiting (Keraka), Udang dan Siput,”katanya.

Ia menilai juga, kehidupan mereka, kadang untuk mencari kebutuhan, mereka selalu pindah-pindah tempat. Ketika, tempat penghasilan tempat satu habis, akan pindah ke tempat yang ada pengahasilaan. Menurutnya, selama saya hidup di timika, itu yang  kadang saya perhatikan.


“bukan hidup mereka seperti itu. Namun, untuk mencari kebutuhan hidup, harus  melakukan seperti itu, demi mencukupi kebutuhan hidup,”pintanya. (Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Tiap Hari Jadi Buru di Pelabuhan Pomako