BREAKING NEWS
Search

Pentingnya Membangun Usaha/Bisnis Koperasi Kampung Di Tanah Papua

Ilustrasi Doc Frans/KM


Oleh: Frans Yube Pigai

Penulis hanya menyinggung atas usaha/bisnis koperasi kampung di tanah Papua, yang menjadi pertanyaan dibenak pemikiran saya, apa arti koperasi itu sendiri? mengapa usaha atau bisnis koperasi kampung itu sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat di tanah Papua? dan apa prinsip utama yang harus di tanamkan untuk membangun kemajuan dalam usaha/bisnis koperasi kampung? Agar usaha/bisnis koperasi kampung ini menjadi kekuatan untuk membangun kekayaan sumber daya alam Papua, yang berupa usaha yang bisa mendatangkan keuntungan dan kesejahteraan bagi rakyat Papua dan demi tanah leluhur bangsa Papua.

Mengapa Usaha/Bisnis Koperasi Sangat Penting Bagi Masyarakat Kampung Di Tanah papua?

Karena peranan bisnis/usaha sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat, karena melalui kegiatan bisnis/usaha suatu koperasi kampung ini akan dapat memenuhi setiap kebutuhan (needs) keinginan (wants) dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan (customer satisfactions) akan hasil yang mereka dapatkan dari bebagai sumber ekonomi masyarakat di tanah Papua, (Pesisir Pantai maupun Pegunungan Tengah).

Apakah Arti dari Koperasi.?

Arti dari koperasi itu sendiri adalah suatu bentuk badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.

Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat di tanah Papua, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat setempatnya dengan sumber daya alam yang ada di tanah Papua.
Pada saat di tanah Papua terkenal dengan kekayaan, sumber daya alam yang melimpah dan begitu lahan-lahan yang bisa di gunakan sebagai kegiatan untuk memeroleh pengolahan sumber ekonomi di berbagai daerah, di tanah Papua. 

Namun, sayangnya masyarakat sendiri tidak mengelolah apa yang ada, sehingga sumber daya alam Papua dan lahan begitu terdapat banyak lahan yang kosong dan lebih-lebih masyarakat akan menjual lahan tanah yang seharusnya bisa di kelolah oleh masyarakat itu sendiri. Justru karena itu, marilah kita bangkit di atas tanah kita, untuk membangun ekonomi koperasi kampung dengan lahan yang ada, bertujuan untuk mensejahterakan rakyat Papua yang tertindas akan tanahnya sendiri.

Prinsip Utama Koperasi Kampung 

Ada beberapa prinsip yang harus ditanamkan dan dibangun oleh masyarakat kampung di tanah Papua sangatlah penting bagi setiap diri kita, guna mengelolah sumber-sumber ekonomi dalam dunia koperasi yang ada di tanah Papua, dengan kekuatan ilmu yang kita miliki dalam dunia usaha-usaha yang mengarah pada kemajuan tertentu, terutama dalam usaha atau bisnis koperasi kampung di tanah Papua.

  1. Keangotaan bersifat sukarela, demi mewujudkan koperasi yang sejahtera bagi rakyat Papua.
  2. Pengelolaan dilakukan secara demokratis, guna mempertahankan sumber perekonomian dalam usaha koperasi kampung bagi kesejahteraan bangsa Papua.
  3. Pembagian sisa hasil usaha dilakukan  berdasarkan jasa masing-masing anggota, demi kesejahteraan bagi masyarakat setempatnya.
  4. Kemandirian yang kuat dalam membangun koperasi kampung di tanah Papua.

Prinsip-prinsip tersebut mengandung makna yang sangat penting bagi masyarakat Papua dan prinsip ini yang sangat utam, agar dengan usaha koperasi kampung dengan menjalankan prinsip ini, sangat membangun guna mensejahterakan rakyat di tanah Papua dan adanya semangat bagi masyarakat yang menjalankan usaha koperasi kampung di berbagai daerah di tanah Papua.(Frans/KM)

Penulis adalah Mahasiswa Papua yang sedang kuliah di Kota Surabaya
Juga Aktif Menulis di Kabar Mapegaa.Com



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pentingnya Membangun Usaha/Bisnis Koperasi Kampung Di Tanah Papua