BREAKING NEWS
Search

Jelang Ramadan BBPOM Temukan Ratusan Pangan Kadaluarsa Di Prov. Papua

Foto : Slogan Makanan Kadaluarsa (ils).
Jayapura, (KM)-- Hasil pemeriksaan pangan jelang hari raya ramadan hingga tanggal 10 Juli 2015 menunjukan bahwa makanan kadaluarsa menjadi temuan terbanyak oleh  Balai Besar Pengawasan Makanan dan Obat (BBPOM) di Jayapura.

BBPOM telah menemukan 981 barang (2.5702 kemasan) yang tidak memenuhi ketentuan (TMK) dengan nilai ekonomi sebesar Rp 156.161.714.

Kabar Berita Satu edisi 14 Juni merilis "perinciannya pangan kadaluarsa adalah 55 barang pangan rusak, 907 pangan kedaluwarsa, 15 barang pangan tanpa izin edar (TIE), dan tiga barang yang tidak memenuhi ketentuan label, disampaikan Kepala BBPOM, HG Kakerissa, ditemani Kepala Seksi Pemeriksaan Mojaza Sirait, dan Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen, Sapina dalam konferensi pers dengan wartawan di Aula BBPOM, Kotaraja, Selasa ( 14/7).

Barang non pangan seperti kosmetika dan obat tradisional ditemukan 3.148 buah obat tradisonal dan kosmetika yang tidak memenuhi ketentuan, dengan nilai ekonomi Rp 81.189.500.

"Caranya dengan penegakan hukum terhadap sarana yang melanggar, penguatan peran pelaku usaha dalam penanganan produk yang sesuai dengan cara distribusi yang baik, dan pengawasan terpadu sinergis dengan lintas sektor terkait. "katanya". 

Razia pangan dan barang non pangan dipusatkan di 11 Kabupaten yang jadi pengawasan pada Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Biak, Yapen, Nabire, Mimika, Jayawijaya, Merauke, Puncak Jaya, dan Pegunungan Bintang. (Sumber : Berita Satu.Com, admin).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Jelang Ramadan BBPOM Temukan Ratusan Pangan Kadaluarsa Di Prov. Papua