BREAKING NEWS
Search

KIB Serang Isu Refrendum, KIH Pelanggaran HAM Meningkat di Papua

Foto : Aksi Masa KNPB bentangkan Spanduk Refrendum Papua
Jakarta (KM) -- Anggota kebangkita Indonesia Baru (KIB) serang Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dengan isu refrendum untuk Papua. Edisi hari kamis, 23 Juli 2013 media Rimanews.com merilis bahwa Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon meminta Presiden Jokowi untuk menjelaskan rumor yang beredar di media sosial tentang janji Jokowi untuk memberikan referendum kepada Papua. 

"Karena itu, seharusnya rumor seperti ini dijawab oleh presiden. Karena beredar juga di media sosial, dikatakan presiden pernah membuat satu proposal atau menjanjikan referendum. Meskipun saya tidak percaya, tapi ada baiknya ada yang menjawab masalah ini. (selengkapnya baca disini Fadli Zon: Jokowi Harus Jelaskan Isu Referendum Papua).

Hal itu ditanggapi serius oleh Pakar Hukum Tata Negara, Margarito mengiomentari Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengklarifikasi  isu yang menuding dirinya menjanjikan referendum pada masyarakat Papua.

"Pak Jokowi memang banyak memberikan janji yang tidak dipenuhinya. Tapi isu janji untuk referendum bagi Papua, ini saya kira sudah kelewatan. Karena itu Jokowi harus segera menyikapinya karena ini masalah yang sangat penting dan bukan sekedar janji kampanye  biasa," ujar Margarito ketika dihubungi Kamis (23/7) lalu. Baca disini selengkapnya Isu Jokowi Janjikan Referendum Papua Jangan Dianggap Sepele.

Koalisi Indonesia Hebat  (KIH)  yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini hingga kini tidak merespon  serangan  dari KIB ini, isu refrendum  yang di janjikan oleh kepada warga Papua beredar bulan oktober 2014 lalu.

Setelah KIH pimpin Indonesia kurang lebih empat kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Papua  Barat yakni Kasus Paniai Berdarah 8 Desember 2014, kasus Yahukimo Berdara 17  Maret 2015, Kasus Ugapuga Berdara 17 Juni 2015, kasus baru saja seperti intoleransi dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Karubaga Tolikara 17 Juli 2015.  

Pelanggaran HAM yang terjadi di Papua, di masa kepemimpinan KIH masih dipertanyakan akan menuntaskan semua kasus - kasus lama di Papua ditambah dengan lima kasus yang baru ini. (Rimanews, JPPN & admin).




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KIB Serang Isu Refrendum, KIH Pelanggaran HAM Meningkat di Papua